Kamis 30 Dec 2021 04:05 WIB

Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan

Berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seorang hamba.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan
Foto: Republika/Yasin Habibi
Beberapa Keutamaan Berwudhu, Salah Satunya Mengurai Ikatan Setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berwudhu adalah salah satu syarat sah dalam sholat yang harus dilakukan umat Islam. Apabila dia tidak berwudhu, maka sholatnya tidak sah. Dan ternyata, terdapat beberapa keutamaan berwudhu, salah satunya dapat mengurai ikatan setan.

Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim dalam kitab Shahih Fikih Sunnah menjabarkan beberapa keutamaan wudhu sebagai berikut:

Baca Juga

Pertama, berwudhu dinilai sebagai separuh dari iman. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Abu Malik Al-Asy’ari, Rasulullah SAW bersabda, “At-thahuru syathral-iman,”. Yang artinya, “Bersuci itu setengah dari keimanan,”.

Kedua, berwudhu dapat menghapuskan dosa-dosa kecil. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda yang artinya, “Jika seorang hamba Musim berwudhu atau seorang mukmin, lalu ia membasuh wajahnya, niscaya dari wajahnya keluar setiap dosa yang pernah dia lihat bersamaan dengan tetesan air atau bersamaan dengan tetesan air yang terakhir. Apabila ia membasuh kedua tangannya, niscaya dari kedua tangannya keluar segala dosa yang pernah dikerjakan kedua tangannya bersama air, atau tetesan air yang terakhir".

Apabila ia membasuh kedua kakinya, maka akan keluar setiap kesalahan yang pernah dijalankan oleh kedua kakinya bersamaan dengan air, atau bersamaan dengan tetesan air yang terakhir, sehingga ia selesai dalam keadaan bersih dari dosa-dosa,”.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement