Senin 03 Jan 2022 00:42 WIB

Jerman Batalkan Penghargaan untuk Sejarawan Israel

emerintah Jerman telah membatalkan penghargaan untuk sejarawan Israel.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Fadila Efendic meletakkan tangannya di atas pusara putranya dan suaminya di pusat memorial genosida Potocari dekat Srebenica, Bosnia Herzegovina

Greif, yang terkenal dengan terobosan penelitian Holocaustnya, telah banyak dikritik karena partisipasinya dalam komisi tersebut. Komisi ini juga menentang klaim oleh pengadilan kriminal internasional bahwa insiden tersebut merupakan tindakan genosida.

Greif telah memberi tahu Haaretz pada hari Kamis bahwa dia telah diberitahu secara tidak resmi dalam beberapa hari terakhir bahwa dia mungkin tidak akan menerima penghargaan tersebut. "Fakta bahwa saya seorang Yahudi dan seorang sarjana Israel adalah alasan untuk serangan pribadi yang kejam seperti itu," kata Greif, menyalahkan organisasi Ikhwanul Muslimin di Bosnia karena mengatur kampanye kotor terhadapnya.

Menteri Luar Negeri Bosnia Bisera Turkovic juga menyatakan, tidak seorang pun boleh diizinkan untuk meminimalkan peristiwa yang telah ditetapkan secara hukum dan hukum di pengadilan internasional. Penolakan Holocaust dan genosida Srebrenica memberdayakan para pelaku, yang menghasilkan pemuliaan para penjahat perang yang dihukum dan mengancam terulangnya peristiwa paling menghebohkan dalam sejarah kita.

Turkovic baru-baru ini berusaha untuk meminta Israel dalam kampanyenya melawan retorika yang semakin agresif dari nasionalis Serbia Bosnia, yang telah meningkatkan seruan untuk separatisme sambil menentang undang-undang baru-baru ini yang mengkriminalisasi penyangkalan terhadap pembantaian Srebrenica dan Holocaust.

Dalam sepucuk surat kepada Menteri Luar Negeri Yair Lapid awal bulan ini, Turkovic meminta Israel untuk menggalang komunitas internasional, karena ketegangan yang sudah berlangsung lama mengancam akan semakin memecah negara Balkan kecilnya di sepanjang garis etnis dan agama 

 

"Keputusan pemerintah Jerman untuk tidak memberi penghargaan kepada Gideon Greif dengan Order of Merit dari Republik Federal Jerman sepenuhnya tepat," kata Menachem Rosensaft, wakil presiden eksekutif asosiasi Kongres Yahudi Dunia dan dosen hukum genosida di Columbia Law School.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement