Selasa 04 Jan 2022 00:56 WIB

Allah Ta'ala Teguhkan Iman orang Mukmin di Kubur

Orang mukmin ketika berada di dalam kubur akan diberikan keteguhan iman oleh Allah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Kematian (ilustrasi).
Foto: Dailymail.co.uk
Kematian (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Orang mukmin ketika berada di dalam kubur akan diberikan keteguhan iman oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal ini telah disampaikan oleh Rasulullah ﷺ sebelumnya. 

Dikutip dari buku Azab dan Nikmat Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al Al-Awaisyah, dari al-Bara bin Azib Radhiyallahu Anhu, dari Nabi ﷺ, bahwasanya beliau bersabda:

Baca Juga

إِذَا أُقْعِدَ المُؤْمِنُ في قَبْرِهِ أُتِيَ، ثُمَّ شَهِدَ أنْ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وأنَّ مُحَمَّدًا رَسولُ اللَّهِ، فَذلكَ قَوْلُهُ: {يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بالقَوْلِ الثَّابِتِ}

“Jika mayit seorang Mukmin telah diletakkan di dalam kubur maka dia akan didatangi Malaikat. Lalu dia akan bersaksi bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan-Nya. Itulah makna firman-Nya: 

{يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بالقَوْلِ الثَّابِتِ}

‘Allah meneguhkan (iman) orang-orang beriman dengan ucapan yang teguh’ (QS. Ibrahim ayat 27) (HR Bukhari dan Muslim)

Kemudian orang Mukmin akan mampu menjawab pertanyaan dari Malaikat. Adapun yang orang kafir penuh keragu-raguan dalam menjawabnya. Selanjutnya orang yang shalih akan duduk dengan tenang sebelum Malaikat menanyainya. Adapun orang yang amalannya buruk akan duduk dengan penuh kegalauan. 

Surga akan diperlihatkan kepada orang yang amalannya buruk, yaitu melalui sebuah lubang. Hal ini agar orang tersebut melihat surga yang tidak diberikan oleh Allah kepadanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement