Jumat 07 Jan 2022 17:30 WIB

Agar Masjid jadi Ramah Remaja

Masjid adalah benteng iman dan pusat penting untuk semua aktivitas Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Dukung relawan masjid Anda!

Menurutnya, penting untuk mendukung para pemuda (terutama ketika mereka menjadi sukarelawan).  Sebagai sebuah institusi, berikan dukungan keuangan, tawarkan sumber daya (seperti thefyi.org dan manual program yang relevan), pelatihan, dan harapan yang realistis.

Berdayakan para remaja untuk mengeksplorasi strategi baru tanpa selalu mengintip dari balik bahu mereka atau menjatuhkan ide-ide mereka.  Berilah mereka bimbingan dan pengembangan keislaman agar mereka tidak gosong atau menyimpang dari tarbiyah kenabian (pengembangan diri).

Jika ruang memungkinkan, tawarkan mereka sebuah ruangan di mana pekerjaan/kegiatan mereka dapat berlangsung tanpa gangguan dari pengunjung masjid yang penasaran.  Beri mereka ruang dan kepercayaan dan perhatikan seberapa jauh kemajuannya.

Sertakan pemuda dalam kepengurusan masjid 

Jika sebuah masjid benar-benar berkomitmen untuk transformasi, maka pilih orang muda dalam kepengurusan.  Ini adalah ide revolusioner yang hanya akan dipertimbangkan oleh sedikit masjid.  Tapi, representasi itu penting dan jika dilakukan dengan benar, ia mengatakan “kami benar-benar peduli padamu” kepada kaum muda Muslim di mana pun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement