Jumat 07 Jan 2022 17:30 WIB

Agar Masjid jadi Ramah Remaja

Masjid adalah benteng iman dan pusat penting untuk semua aktivitas Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto:

Bangunlah ruang kerja remaja 

Ruang alternatif untuk kaum muda sedang populer saat ini.  Meskipun ini adalah ide yang cukup spesifik, Hana melihat beberapa masjid menciptakan ruang seperti kafe di mana kaum muda dapat mengerjakan pekerjaan rumah/belajar, menyelenggarakan makan siang, dan mengadakan acara keren seperti malam seni atau serial mendongeng. 

Tentu saja, tidak semua masjid mampu membelinya, tetapi jelajahi solusi kecil seperti mengubah ruangan kecil yang kosong dengan barang-barang murah dari toko barang bekas lokal. 

Sertakan khatib muda untuk khotbah Jumat

Tidak ada yang lebih Hana nikmati selama sholat Jumat selain menyaksikan khatib muda diberi kekuasaan. Tindakan ini menjelaskan. bahwa masjid telah memberi upaya dalam mengembangkan pemuda untuk menjadi pemimpin Muslim. 

Mulai dari yang kecil dan biarkan berkembang! 

"Saya telah melihat banyak pengurus masjid kecewa ketika mereka tidak dapat menjangkau 200 pemuda di bulan pertama mereka.  Sama seperti Nabi SAW mulai, jangan takut untuk memulai dengan sekelompok kecil orang-orang muda yang berdedikasi.  Jika halaqah muda Anda hanya memiliki 6 peserta reguler, anggap itu sebagai berkah!  Berinvestasi di dalamnya dan kemudian khawatir tentang strategi untuk menarik audiens yang lebih besar, "kata Hana. 

Acara yang mengisi waktu yang tidak dapat diisi oleh institusi lain juga sangat membantu.  Misalnya, renang khusus wanita, acara qiyam, liga olahraga, pameran karir/persiapan kuliah, dan lokakarya menarik tentang topik khusus Muslim dapat menjadi cara yang bagus untuk menarik minat kaum muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement