Tujuh Manfaat Tanaman di Dalam Ruangan

Selasa , 11 Jan 2022, 05:50 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Pot berisi tanaman dalam ruangan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Pot berisi tanaman dalam ruangan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

4. Tanaman dapat membantu Anda pulih dari penyakit lebih cepat

 

Mampu melihat tanaman dan bunga dapat mempercepat pemulihan Anda dari penyakit, cedera, atau operasi. Sebuah tinjauan penelitian tahun 2002 mengungkapkan, orang yang memulihkan diri dari beberapa jenis operasi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan memiliki masa rawat inap yang lebih pendek daripada orang yang tidak melihat tanaman hijau selama masa pemulihan mereka. Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian berfokus pada tanaman dan pemandangan alam di lingkungan rumah sakit daripada di rumah.

Terkait

5. Tanaman dapat meningkatkan produktivitas Anda

Berbagai penelitian telah menemukan, tanaman di ruang kerja meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Satu studi yang sering dikutip menemukan, mahasiswa di laboratorium komputer kampus bekerja 12 persen lebih cepat dan kurang stres ketika tanaman ditempatkan di dekatnya.

Dalam sebuah studi tahun 2004, para peneliti menantang orang untuk membuat asosiasi kata yang kreatif. Mereka tampil lebih baik ketika ada tanaman di dalam ruangan bersama mereka. Selain itu, sebuah studi tahun 2007 menunjukkan, orang-orang dengan lebih banyak tanaman di ruang kerja mereka cenderung jarang sakit dan lebih produktif di tempat kerja.

6. Tanaman dapat meningkatkan seluruh pandangan Anda tentang pekerjaan

Pemandangan taman kota mungkin meningkatkan kepuasan kerja siapa pun, tetapi Anda mungkin terkejut mengetahui tanaman di dalam pot dapat memiliki efek yang sama. Peneliti mewawancarai lebih dari 440 karyawan Amazon di India dan Amerika Serikat. Mereka menemukan, mereka yang lingkungan kantornya menyertakan elemen alami seperti tanaman dalam ruangan merasakan kepuasan kerja lebih besar.

Mereka juga memiliki komitmen lebih besar terhadap organisasi daripada mereka yang tidak bekerja di sekitar elemen alami.Para peneliti mengatakan unsur-unsur alami membantu menyangga efek stres dan kecemasan kerja.

7. Tanaman dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan

Dukungan ilmiah untuk fitoremediasi atau tanaman yang membersihkan kontaminan dari udara dimulai dengan penelitian NASA yang dilakukan pada 1980-an. Para peneliti kemudian mencari cara untuk meningkatkan kualitas udara di pesawat ruang angkasa dan mereka menyimpulkan akar dan tanah tanaman hias mengurangi senyawa organik volatil (VOC) di udara secara signifikan.

Temuan terbaru menunjukkan, Anda harus melindungi sejumlah besar tanaman untuk menyamai efisiensi pemurnian udara dari biofilter modern dan teknologi lainnya. Jika Anda memutuskan untuk membeli tanaman hias untuk menyegarkan udara secara alami, sejumlah spesies yang terbukti paling efektif seperti pinang, pohon bambu, spider plant dan pohon Ficus.