Rabu 12 Jan 2022 17:45 WIB

Lima Daerah di Jatim Mulai Jalankan Vaksin Booster

Pemerintah pusat siap memfasilitasi kebutuhan vaksin untuk kabupaten/kota di Jatim.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Tenaga kesehatan memperlihatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster COVID-19.
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Tenaga kesehatan memperlihatkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga saat vaksinasi booster COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Beberapa daerah di wilayah Jawa Timur mulai menjalankan vaksin booster. Antara lain, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo, serta Banyuwangi.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Erwin Ashta Triyono menjelaskan, vaksin booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas lansia, serta masyarakat risiko tinggi.

“Ada lima area yang hari ini menjalankan kick off, besok akan dilanjutkan dengan area-area beberapa kabupaten/kota,” ujarnya, Rabu (12/1).

Erwin menyatakan, prinsipnya semua kabupaten/kota boleh menggelar vaksin booster. Bagi warga yang vaksin dosis pertama dan keduanya menggunakan Sinovac, akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

"Untuk vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna,” ujarnya.

Erwin melanjutkan, pemerintah pusat siap memfasilitasi kebutuhan vaksin untuk masing-masing kabupaten/kota di Jatim. Pemprov Jatim, kata dia, hanya mendistribusikan kalau vaksinasi datang, dan disesuaikan dengan kebutuhan alokasi kabupaten/kota.

“Untuk teknisnya masing-masing kabupaten/kota sudah punya petanya. Seperti Surabaya sudah punya target-target yang harus dipenuhi, cuma ini spesial untuk lansia,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement