Rabu 12 Jan 2022 20:47 WIB

Kongres AS Dukung Negara Arab Normalisasi Hubungan dengan Israel 

Kongres AS mendorong negara-negara Arab normalisasi hubungan dengan Israel.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Kongres AS
Foto:

Parlemen Israel, Knesset, menyambut baik pembentukan Kaukus Kesepakatan Abraham oleh parlemen AS. Anggota Knesset dari Partai Likud, Ofir Akunis, mengatakan, pembentukan kaukus tersebut dapat membawa perdamaian dan kemakmuran di kawasan.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan tujuan bersama untuk membawa perdamaian dan kemakmuran bagi masyarakat di wilayah kami dan sekitarnya," kata Akunis. 

Presiden AS Joe Biden telah mendukung kesepakatan normalisasi sejak menjabat tahun lalu. Penasihat senior Biden mengatakan, mereka berupaya untuk membuat lebih banyak negara Arab menormalkan hubungan dengan Israel, setelah saling bermusuhan selama beberapa dekade.

 

Israel menandatangani kesepakatan normalisasi dengan Uni Emirate Arab (UEA) dan Bahrain di Gedung Putih pada September 2020, yang disaksikan oleh mantan Presiden Donald Trump. Tak lama kemudian, Sudan dan Maroko juga sepakat untuk menormalkan hubungan dengan Israel. Penandatanganan itu dipandang secara luas sebagai kudeta diplomatik bagi Trump.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement