Kamis 20 Jan 2022 19:21 WIB

Renovasi Gedung Sarinah Telah Rampung

Sarinah mengambil konsep Community Mall menjadi wadah kolaborasi berbagai komunitas.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Warga melintas di samping proyek renovasi Gedung Sarinah di Jakarta, Sabtu (15/1/2022). Renovasi Sarinah dinyatakan sudah rampung.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Warga melintas di samping proyek renovasi Gedung Sarinah di Jakarta, Sabtu (15/1/2022). Renovasi Sarinah dinyatakan sudah rampung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Sarinah (Persero) bersiap menghadirkan wajah baru Sarinah. Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan proses renovasi gedung Sarinah memasuki tahap akhir.

"Progres pembangunan gedung sudah 100 persen, saat ini proses general cleaning dan fitting out furniture fixture," ujar Fetty dalam keterangan tertulis yang diterima Republika di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga

Fetty menyampaikan, Sarinah mengambil konsep Community Mall menjadi wadah kolaborasi untuk berbagai komunitas, terutama komunitas kreatif. Kata Fetty, Sarinah sebagai heritage atau warisan budaya juga memiliki cultural zone dan galeri Sarinah sebagai wadah seniman berkarya.

"Sarinah menjadi panggung bagi seniman dan menyediakan tempat bagi komunitas kreatif untuk berkarya sebagai bentuk Sarinah mengapresiasi karya seni dan budaya," ucap Fetty.

Fetty menyampaikan Sarinah juga dapat menjadi wadah untuk MICE eksklusif dan menjadi tempat menjamu tamu-tamu negara, maupun ibu kota. Sebagai pintu gerbang dan ibu kota negara, ucap Fetty, para kreator dan UMKM daerah dapat bergantian memamerkan dan menjual produk mereka di Sarinah melalui Pekan Produk Nusantara dan komunitas hobi. 

Fetty mengatakan Sarinah memiliki keunikan tersebut lantaran sudah cukup lama eksis dan menjadi tempat kunjung lintas generasi karena produk dan layanan yang disajikan cocok bagi semua kalangan. 

"Sarinah yang disajikan untuk antar generasi, maka Sarinah akan terus relevan dengan market masa kini dan terus berinovasi hingga market masa depan," ungkap Fetty.

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria mengatakan Sarinah telah berada dalam ekosistem holding pariwisata dan pendukung dan akan akan menjadi operator ritel terbesar dan hub UMKM di Indonesia.

"Seluruh ritel BUMN ke depannya akan dioperasikan Sarinah, artinya kesempatan untuk bekerja sama tidak hanya secara fisik di mal Sarinah saja, tapi juga bisa merambah ke bandara-bandara di Indonesia, mal-mal lain yang juga dikelola oleh BUMN," ujar Dony.

Tidak hanya itu, ucap Dony, InJourney melalui Sarinah akan terus mendorong produk-produk baru dan membangkitkan brand-brand lokal Indonesia untuk terus berekspansi dan bersaing secara global.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir telah meninjau renovasi gedung Sarinah pada Rabu (18/1/2022). Erick juga memberi masukan kepada Sarinah dan mitranya mengenai ekosistem ritel yang sedang dibangun BUMN, yang mana Sarinah berperan sebagai lokomotif penggerak UMKM dan brand lokal. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement