Selasa 25 Jan 2022 08:30 WIB

Ini Pentingnya Vaksin untuk Anak-Anak

Anak juga dapat tertular atau menularkan virus corona meski tanpa gejala.

Kegiatan di sentra vaksin Generasi Maju
Foto: dok Danone Indonesia
Kegiatan di sentra vaksin Generasi Maju

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Anak-anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengakses kemajuan untuk mendukung mereka tumbuh jadi generasi maju. Data menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses pendidikan, nutrisi, dan kesehatan , terlebih lagi kondisi pandemi yang membuat keadaan semakin serba terbatas. 

Pemerintah telah mempersiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun.  Vaksinasi Covid-19 untuk anak ini juga telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus corona dari dan ke orang lain di sekitarnya walau tanpa gejala.  

“Anak-anak Indonesia merupakan masa depan bangsa yang perlu kita dukung dan lindungi bersama agar mereka dapat tumbuh maksimal menjadi generasi penerus yang maju. Di masa pandemi ini, vaksinasi pada anak menjadi modal besar untuk mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran, dan merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak agar bisa menghindarkan dirinya dan lingkungan sekitar dari terpapar virus corona, di manapun mereka berada,'' ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangan pers, Selasa (25/2).

Menurut Direktur Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd, kegiatan vaksinasi anak di masa pandemi ini tidak hanya menjamin kesehatan anak dengan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuhnya, namun juga dapat mendukung keamanan dan keselamatan anak dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan baik di sekolah. 

Maka, untuk mendukung program pemerintah untuk pemulihan dari pandemi Covid-19 serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Danone Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak dan vaksin booster di Mal Neo Soho, Jakarta Barat. Sentra Vaksin Generasi Maju yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit” berlangsung pada 20-24 Januari 2022 dengan menargetkan 5.000 peserta vaksin yaitu 2.500 peserta anak dan 2.500 peserta vaksinasi booster

Menurut Government & External Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Rachmat Hidayat setiap tahun Danone Indonesia terus konsisten berkomitmen melakukan berbagai inisiatif yang berkelanjutan untuk mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia. ''Kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan memperoleh akses untuk tumbuh jadi generasi maju, sehingga berbagai dukungan untuk anak-anak Indonesia semakin dibutuhkan agar bisa maju, terlebih lagi di masa pandemi yang memberikan tantangan lebih besar dalam upaya memastikan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik,'' kata dia.

Senada dengan Danone Indonesia, Customer Relationship Management Executive Director Indomaret, Gondo Sudjoni memberikan dukungan bagi kesehatan anak-anak Indonesia dalam proses pemulihan pandemi. “Kegiatan ini penting sekali untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak dari pandemi Covid-19,” imbuhnya.

 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement