Selasa 15 Feb 2022 03:50 WIB

Prediksi Pulihnya AS dari Pandemi dan Dilema Negara Berkembang

Ancaman varian baru paling tinggi di negara-negara miskin.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda
 Nakes merawat pasien Covid-19 di Providence Holy Cross Medical Center Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Kenaikan kasus Covid-19 di AS menyebabkan munculnya kebijakan membiarkan nakes yang positif dengan gejala ringan untuk tetap bekerja.
Foto: AP Photo/Jae C Hong, File
Nakes merawat pasien Covid-19 di Providence Holy Cross Medical Center Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Kenaikan kasus Covid-19 di AS menyebabkan munculnya kebijakan membiarkan nakes yang positif dengan gejala ringan untuk tetap bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Ketua Kedokteran di University of California, San Francisco, Robert Wachter, memperkirakan, pada akhir Februari ini sebagian besar wilayah AS dan negara maju lainnya tidak akan lagi berada dalam kondisi pandemi yang parah.

Vaksinasi, pelacakan yang luas, dan kekebalan sebagai akibat dari infeksi sebelumnya akan membantu. "Itu adalah dunia yang secara fundamental terasa berbeda dari dunia dua tahun terakhir. Kita bisa kembali ke sesuatu yang menyerupai normal," kata dia seperti dilansir Livemint, Senin (14/2/2022).

Baca Juga

Namun, di negara lain, pandemi akan jauh dari selesai. Ancaman varian baru paling tinggi di negara-negara miskin. "Selama kita menolak untuk memvaksinasi dunia, kita akan terus melihat gelombang baru. Kita akan terus memiliki varian yang cukup berbahaya yang keluar dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Di situlah medan pertempurannya," kata Dekan National School of Kedokteran Tropis di Baylor College of Medicine di Houston, Peter Hotez.

Amesh Adalja, sarjana senior di Pusat Keamanan Kesehatan Universitas Johns Hopkins di Baltimore, melihat pandemi terus berlanjut hingga 2023 di beberapa negara berkembang. "Bagi saya, transisi dari pandemi ke endemi adalah ketika Anda tidak khawatir tentang rumah sakit yang hancur. Itu akan terjadi di sebagian besar negara Barat pada 2022, dan itu akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk sisa tahun ini. dunia," jelasnya.

Di beberapa bagian Asia, pejabat kesehatan masyarakat bahkan tidak mau mempertimbangkan untuk mengakhiri pandemi. Ketika sebagian besar dunia sekarang berusaha untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, China dan Hong Kong masih berusaha untuk menghilangkannya. Setelah menghabiskan sebagian besar 2021 hampir bebas virus, kedua negara saat ini menghadapi wabah.

"Kita tidak memiliki prasyarat untuk hidup dengan virus karena tingkat vaksinasi tidak baik, terutama di antara orang tua," kata Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam. "Saya tidak tahan melihat banyak orang tua meninggal di rumah sakit saya," tambahnya.

Pembatasan virus yang keras termasuk penutupan perbatasan dan karantina mungkin berlaku hingga akhir 2022, meskipun penularan yang lebih tinggi dari varian baru membuatnya lebih sulit untuk dipertahankan, seperti yang ditunjukkan Hong Kong saat ini. Membasmi virus sepenuhnya, seperti yang dilakukan banyak negara di awal pandemi, kemungkinan tidak lagi mungkin dilakukan.

Banyak dunia yang masih terperosok dalam pandemi dan dislokasi terkait virus akan terus berlanjut di mana-mana. Ketegangan besar pada rantai pasokan global hanya diperparah oleh pekerja yang sakit atau terpaksa dikarantina akibat Omicron. Masalahnya sangat akut di Asia, di mana sebagian besar manufaktur dunia berlangsung.

Itu artinya, kekhawatiran global tentang melonjaknya harga konsumen tidak mungkin hilang dalam waktu dekat. Dengan banyaknya negara yang hanya sebagian terbuka untuk pengunjung, perjalanan internasional masih sangat jauh dari apa yang dianggap normal pada 2019.

Hal ini lantaran rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia menghadapi pemulihan yang lama dan lambat setelah dua tahun mengalami tekanan yang luar biasa. Untuk beberapa individu, virus mungkin merupakan hukuman seumur hidup. Penderita Covid-19 yang lama kini telah mengalami kelelahan yang parah, nyeri otot bahkan kerusakan otak, jantung dan organ selama berbulan-bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement