Kebiasaan Orang Arab Saudi Dekorasi Rumah Bertema Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Senin 04 Apr 2022 18:15 WIB

Kebiasaan Orang Saudi Dekorasi Rumah Bertema Ramadhan Foto: Arab News Kebiasaan Orang Saudi Dekorasi Rumah Bertema Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH -- Setiap tahun sebelum bulan suci Ramadhan dimulai, wanita di Arab Saudi mendandani rumah mereka dengan dekorasi bertema Ramadhan yang paling trendi.

Samer Musa, pemilik toko dekorasi Ramadhan di Al-Balad, mengatakan kepada Arab News bahwa permintaan meroket tahun ini, karena pelonggaran saat pandemi.

Baca Juga

"Biasanya, permintaan mulai mencapai puncaknya dua pekan sebelum Ramadhan, tetapi karena pembatasan jarak sosial lebih sedikit tahun ini, penjualan mulai meningkat secara signifikan sebulan yang lalu," kata Musa, dilansir dari Arab News, Senin (4/4/2022).

Barang-barang dekorasi yang populer termasuk lentera dengan berbagai ukuran dan warna, lampu berkelap-kelip, bulan sabit, produk tekstil seperti shkaly, kain cetak vintage dengan mawar merah muda cerah yang khas, dan khayamiya, kain dengan pola geometris dan lengkung Arab.

Musa mengatakan bahwa barang-barang paling trendi tahun ini adalah lentera logam emas, bantal cetak dan tokoh kartun retro Mesir seperti Bakkar, Buji, Tamtam, dan lain-lain.

Dekorasi dapat dibeli secara online atau dari toko seperti CenterPoint, IKEA, SACO, dan Al Hadaya Center, yang memiliki bagian terpisah untuk item dan dekorasi pesta bertema Ramadhan.

"Saya punya koleksi 15 lampion, dan koleksinya masih terus bertambah. Biasanya, saya membawanya dari Mesir dan Yordania dan toko-toko seperti Al Hadaya Center serta Al-Balad karena mereka menawarkan koleksi lentera, lampu berkelap-kelip, keranjang jerami, dan lilin yang sedang tren. Untuk menjamin mendapatkan lampion yang unik, saya memesan dari toko-toko Instagram," ujarnya.

Selain membawa suasana ceria ke dalam rumah, dekorasi Ramadhan memotivasi anak-anak untuk tetap menjalankan puasa, kata Fadhel.

“Saya pastikan untuk membuat beberapa dekorasi dari awal dengan anak-anak saya. Ini salah satu cara untuk menanamkan rasa cinta bulan suci ini dalam diri mereka, dan membantu kita sebagai orang tua untuk membiasakan mereka dengan konsep puasa,” kata Fadhel.

Gargee'an adalah perayaan Ramadhan umum lainnya di beberapa negara Teluk dan Arab Saudi. Acara kemeriahan yang berlangsung pada malam ke-15 bulan Sya'ban Islam dan malam ke-15 Ramadhan, membutuhkan banyak cara dalam dekorasi dan persiapan.

Biasanya, wanita dan anak-anak berdandan di jalabiya Ramadhan dan saling membagikan hadiah serta permen bertema Ramadhan.

Menjelang Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, Pusat Pameran Al-Harthi di Jeddah, yang diubah menjadi pusat vaksinasi Covid-19, dibuka untuk pertama kalinya sejak awal pandemi dua tahun lalu.

Manal Mubarak, salah satu pengunjung, mengatakan kepada Arab News: “Saya suka datang ke sini setiap tahun, dan saya sangat senang kami dapat menikmati belanja dekorasi Ramadhan lagi setelah dua tahun pandemi.”

Mubarak memiliki sudut di ruang tamunya yang didedikasikan untuk dekorasi Ramadhan.

"Saya suka memperbarui dekorasi Ramadhan saya setiap tahun, dan tahun ini saya terpesona oleh lentera, meja, dan nampan di pusat pameran. Bantalnya juga sangat indah," katanya.

Keluarga dapat berbelanja di pameran, buka hingga 2 April 2022, untuk dekorasi, pakaian, dan makanan Ramadhan terbaik, termasuk banyak produk Mesir dan lokal.