Jumat 15 Apr 2022 23:46 WIB

Ratusan Rumah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ketinggian air di lokasi diperkirakan mencapai dua meter.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi banjir. Ratusan Rumah di Tasikmalaya Terendam Banjir
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi banjir. Ratusan Rumah di Tasikmalaya Terendam Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Ratusan rumah di Kampung Sukasirna, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, diterjang banjir, Jumat (15/4/2022) malam. Ketinggian air di lokasi diperkirakan mencapai dua meter.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Tasikmalaya Kota, Kompol Shohet, mengatakan, banjir itu disebabkan jebolnya tanggul di Sungai Dalemsuba. Akibatnya, aliran air sungai masuk ke permukiman warga.

Baca Juga

"Tanggulnya jebol kurang lebih 30 meter, sehingga air masik ke permukiman dan berdampak di RT 1 dan RT 2, Kelurahan Sukanagara," kata dia, Jumat malam.

Menurut dia, berdasarkan pendataan sementara terdapat 159 rumah yang terdampak banjir tersebut. Ketinggian air berkisar antara 170-180 centimeter.

Shohet mengatakan, aparat kepolisian, tertara, bersama BPBD Kota Tasikmalaya sudah turun ke lokasi. Petugas di lapangan melakukan penyisiran untuk mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Dikhawatirkan masih ada warga yang belum terevakuasi dan masih terjebak air.

"Kami harapkan warga ini bisa evakuasi ke tempat yang sudah disiapkan," kata dia.

Menurut dia, ketinggian air di lokasi kejadian makin menurun. Namun, petugas di lapangan masih terus melakukan patroli keliling permukiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement