Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Jatuh Pada Hari Senin

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 01 May 2022 16:53 WIB

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi. Foto: arab news Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Pengadilan Kerajaan Arab Saudi mengumumkan hati terakhir bulan suci Ramadhan jatuh hari ini, Ahad (1/5/2022). Berdasarkan laporan dari Mahkamah Agung, Idul Fitri 1443 H jatuh esok, Senin (2/5/2022).

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Saudi Press Agency, Pengadilan Kerajaan menyebut Mahkamah Agung telah menyampaikan laporan berdasarkan kesaksian dari pihak-pihak yang ahli di bidangnya, bahwa bulan Syawal tidak terlihat.

Baca Juga

"leh karena itu, telah diputuskan hari Ahad 30/9/1443AH, menurut kalender Ummu Al-Qura, bertepatan dengan 1 Mei adalah hari terakhir bulan suci Ramadhan dan bahwa Senin 1/10/1443AH, menurut kalender Ummu Al- Qura atau 2 Mei adalah hari pertama Idul Fitri," ujar mereka dikutip di Saudi Gazette, Ahad (1/5).

Mahkamah Agung lantas mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Putra Mahkota, seluruh warga, penduduk, dan umat Islam atas kedatangan Idul Fitri yang diberkati.

Sebelumnya, hilal bulan Syawal disebut tidak bisa dilihat dari observatorium Tamir atau dari observatorium Universitas Majmaah di Hautat Sudair, Sabtu (30/4/2022). 

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/619979/SAUDI-ARABIA/Eid-Al-Fitr-to-begin-on-Monday-in-Saudi-Arabia