Selasa 17 May 2022 05:39 WIB

Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul

Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul (ilustrasi).
Foto: Humas UMM
Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG --  Program Studi (Prodi) Magister Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mendapat akreditasi unggul. Status akreditasi ini mulai diterapkan sejak Selasa (10/5/2022) lalu.

Ketua Prodi Magister Agribisnis, Profesor Lili Zalizar menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian yang perlu dilengkapi untuk mencapai tahap unggul. Salah satu hal yang diperhatikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkup prodi.

Baca Juga

Menurut Lili, semua dosen di Prodi Magister Agribisnis telah menempuh pendidikan strata tiga (S3). Bahkan, enam di antaranya telah meraih gelar profesor. Banyak pula dosen yang telah menjabat sebagai lektor kepala. 

Selain SDM, untuk mengawasi dan meningkatkan mutu pendidikan, Kampus Putih juga memiliki Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) yang sangat membantu. "Dengan begitu mutu pendidikan di UMM bisa tetap terjamin,” ungkap dosen asal Subang, Jawa Barat tersebut dalam siaran pers yang diterima Republika.

Tak hanya fokus di peningkatan sumber daya manusia, prodi juga berfokus untuk mendorong publikasi ilmiah dari para dosen, bahkan juga dari para mahasiswanya. Tak hanya publikasi di media, mahasiswa juga didukung untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional.

Untuk mendorong upaya publikasi ilmiah, setiap mata kuliah memiliki luaran berupa publikasi artikel ilmiah, buku, tulisan, maupun jurnal. Pihak kampus juga memberikan hadiah kepada mahasiswa yang telah menerbitkan karyanya. Selain itu, untuk meningkatkan wawasan, pihaknya juga berpartisipasi dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh direktorat pascasarjana Kampus Putih setiap tahunnya.

Terkait peningkatan akreditasi yang telah diperoleh Prodi Magister Agribisnis, Lili mengatakan, capaian tersebut tidak lepas dari kerja keras dari semua pihak. Tak hanya dari prodi dan kampus, prestasi ini dapat diraih berkat komitmen dari mahasiswa dan juga alumni.

Terlepas dari capaian ini, dia berharap, sivitas akademika tidak boleh berpuas diri. Prodi magister agribisnis juga akan terus berusaha untuk memperbaiki aspek-aspek yang kurang sekaligus meningkatkan yang sudah bagus. "Tentu, target kami selanjutnya adalah sertifikasi dan akreditasi internasional,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement