Kamis 19 May 2022 16:01 WIB

Sudah 100 Persen Calhaj Indramayu Lunasi Bipih

Setelah melunasi Bipih, para calhaj akan mengikuti bimbingan manasik haji

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad
Sejumlah calon jamaah haji keluar dari gedung Puspihat Haji Kabupaten Indramayu. Sebanyak 100 persen calhaj Indramayu sudah lunasi Bipih.
Foto: lilis sri handayani
Sejumlah calon jamaah haji keluar dari gedung Puspihat Haji Kabupaten Indramayu. Sebanyak 100 persen calhaj Indramayu sudah lunasi Bipih.

IHRAM.CO.ID,INDRAMAYU--Seluruh jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Indramayu sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) untuk musim haji 2022. Mereka pun akan segera mengikuti bimbingan manasik haji sebagai persiapan kebernagkatan ke Tanah Suci.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, Wahyudin, menyebutkan, kuota haji untuk Kabupaten Indramayu pada 2022 ini mencapai 817 orang. Jumlah itu menurun drastis dari kuota normalnya yang mencapai 1.773 orang. ‘’Dari 817 calhaj, per hari ini sudah 100 persen melunasi Bipih-nya,’’ ujar Wahyudin kepada Republika, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga

Adapun besaran Bipih bagi setiap calhaj pada musim haji tahun ini adalah sekitar Rp 39,9 juta. Wahyudin mengatakan, pelunasan Bipih yang dilakukan para calhaj asal Kabupaten Indramayu itu lebih cepat dari batas akhir pelunasan yang telah ditentukan. Yakni, sampai 20 Mei 2022.

Setelah pelunasan Bipih, lanjut Wahyudin, para calhaj akan mengikuti bimbingan manasik haji sebanyak empat kali di tingkat kecamatan masing-masing. Selain itu, mereka juga melaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten sebanyak dua kali.

Wahyudin menjelaskan, sebanyak 817 calhaj asal Kabupaten Indramayu itu terbagi ke dalam dua kloter. Namun, ada tersisa sembilan orang calhaj yang bergabung ke dalam kloter daerah lain. Untuk dua kloter calhaj itu, mereka masuk ke dalam gelombang pertama keberangkatan haji. Yakni, pada 4 - 18 Juni 2022.

Sedangkan sembilan orang calhaj yang tergabung ke dalam kloter lain, akan masuk gelombang dua keberangkatan ke Tanah Suci. Yakni, pada 19 Juni - 3 Juli 2022.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali penyelenggaraan haji pada tahun ini setelah dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Namun, Arab Saudi memberikan sejumlah persyaratan bagi calhaj yang bisa berangkat haji tahun ini.

Adapun persyaratan itu di antaranya, berusia dibawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.‘’Kalau untuk persyaratan vaksin, calhaj Indramayu sudah 95 persen,’’ kata Wahyudin. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement