Senin 06 Jun 2022 23:35 WIB

PLN Jatim Dorong Pemanfaatan Listrik pada Pertanian Modern

Pada era saat ini, pertanian modern telah menjadi tren baru yang diminati.

PLN Jatim Dorong Pemanfaatan Listrik pada Pertanian Modern (ilustrasi).
Foto: Antara/Novrian Arbi
PLN Jatim Dorong Pemanfaatan Listrik pada Pertanian Modern (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mendorong pemanfaatan listrik pada pertanian modern melalui Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Buana Lestari di Desa Betet, Kabupaten Nganjuk.

Senior Manajer Komunikasi dan Umum PLN UID Jawa Timur, Hamzah  mengatakan secara umum PLN berharap agar listrik yang disalurkan dapat memberi manfaat yang lebih bagi masyarakat ke depan. "Pemanfaatan listrik pada pertanian ini menunjukkan bagaimana peran listrik dalam meningkatkan produktivitas masyarakat," ujarnya.

Baca Juga

Ia berharap, dengan kegiatan pelatihan dan edukasi di Nganjuk mampu memperluas dampak pemanfaatan tenaga listrik pada sektor pertanian di seluruh Jawa Timur.

Pengelola edukasi tani P4S Buana Lestari, Achmad Saikhu mengatakan, pada era saat ini, pertanian modern telah menjadi tren baru yang diminati. "Melalui pemanfaatan teknologi, metode pertanian menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pertanian biasa," ucap Saikhu.

Ia mengatakan, langkah melakukan pertanian modern di Desa Betet, Kabupaten Nganjuk diawali dengan pembangunan green house yang dilengkapi sinar UV untuk mendukung produktivitas tanaman. "Program ini mulai kami kembangkan, dengan pemanfaatan Internet of Things dalam memudahkan pemeliharaan tanaman. Dan tenaga listrik menjadi salah satu pendorong terciptanya ekosistem itu," kata dia.

Ia mengatakan, melalui edukasi tani listrik terpadu yang dikelola langsung P4S Buana Lestari, PLN berupaya menyebarkan pengetahuan terkait pemanfaatan tenaga listrik yang optimal pada pertanian modern.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement