Selasa 05 Jul 2022 16:13 WIB

Wapres Bertolak ke Arab Saudi Penuhi Undangan Raja untuk Haji  

Wapres akan melaksanakan haji dan berada Arab Saudi selama sepekan

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin, akan melaksanakan haji dan berada Arab Saudi selama sepekan
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Wakil Presiden Maruf Amin, akan melaksanakan haji dan berada Arab Saudi selama sepekan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf amin melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun 2022 ini.

Wapres beserta rombongan berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 ER dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Arab Saudi, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengatakan, pelaksanaan ibadah haji ini merupakan undangan dari Kerajaan Arab Saudi kepada Wapres.

“Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi Ibadah Haji. Ketepatan pada tahun ini adalah Haji Akbar, ya, jadi di Arafah itu hari Jumat. Dan Insya Allah Wakil Presiden bersama rombongan akan melaksanakan prosesi ibadah haji tersebut,” kata Masduki dikutip dari keterangan persnya, Selasa (5/7/2022).

Masduki menjelaskan, undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud untuk Wapres disampaikan melalui Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi. Saat itu, Dubes Arab menghadap Wapres untuk melaporkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Undangan ini disampaikan Kerajaan Arab Saudi pada 9 Juni yang lalu dimana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, Duta Besar Esam juga melaporkan tentang kesiapan Arab Saudi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Menyampaikan perkembangan terakhir di Arab Saudi bagaimana kesiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya haji tidak dilaksanakan terkait dengan pandemi Covid-19, dan sekarang sudah aman,” tambah Masduki.

Karena sudah aman, maka kemudian Wapres diundang Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji ini. Insya Allah waktunya dalam sepekan Wapres akan mengikuti prosesi ibadah haji,” ujar dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement