Sabtu 30 Jul 2022 20:00 WIB

Keutamaan Sholat Tasbih

Sholat tasbih memiliki keutamaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Keutamaan Sholat Tasbih. Foto:   Tata Cara Sujud Sahwi. Foto: Sujud / Sholat (ilustrasi)
Foto: Republika
Keutamaan Sholat Tasbih. Foto: Tata Cara Sujud Sahwi. Foto: Sujud / Sholat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sholat Tasbih memiliki beberapa keutamaan dalam syariat Islam. Meski sunnah, seorang Muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sholat tersebut karena ada sejumlah fadilah di dalamnya.

Ada enam keutamaan sholat tasbih. Seperti dilansir laman Elbalad, Sabtu (30/7/2022), pertama ialah sholat tasbih menghapus segala dosa. Sebab, sholat tasbih menggabungkan dua ganjaran pahala yaitu pahala sholat dan pahala dzikir.

Baca Juga

Salah satu keutamaan sholat tasbih dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA. Dia berkata,

"Ada seorang lelaki mencium wanita (yang bukan mahramnya). Kemudian ia datang kepada Nabi SAW dan memberitahu perkara tersebut. Kemudian turunlah ayat "Dan dirikanlah shalat di kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud ayat 114).

 

Kemudian lelaki itu bertanya, "Apakah ayat ini khusus untukku wahai Rasulullah?" Beliau bersabda, "Untuk semua orang yang melakukan perbuatan tersebut dari umatku." (HR Bukhari)

Kedua, sholat tasbih menghilangkan kesulitan. Sholat tasbih juga sebagai bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT untuk menghilangkan kesulitan jika sedang mengalami masalah besar.

Karena itu, seorang Muslim harus melaksanakan sholat tasbih karena sholat ini merupakan ibadah yang di dalamnya mengandung dzikir kepada Allah SWT. Sholat tasbih ini juga sebagai bentuk kembalinya seorang hamba kepada Allah SWT untuk menyampaikan permohonan atas masalah yang menimpanya.

Ketiga, sholat tasbih akan memudahkan sesuatu yang sulit. Keempat, dengan sholat tasbih itu, Allah SWT akan memenuhi hajat hamba-Nya. Kelima, hamba yang menunaikan ibadah sholat tasbih, maka Allah SWT akan menutup dosa-dosanya.

Sumber

https://www.elbalad.news/5377262

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement