Senin 08 Aug 2022 11:37 WIB

BPBD DKI Peringatkan Banjir Rob di Pesisir Utara Jakarta

Waspada banjir di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Marunda.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Warga menaiki becak saat terjadi banjir rob di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (5/1/2022).
Foto: Republika
Warga menaiki becak saat terjadi banjir rob di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (5/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan akan adanya ancaman banjir rob di pesisir utara Jakarta pada 7-13 Agustus 2022. Prediksi itu berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Maritim Tanjung Priok terkait Peringatan Dini Banjir Pesisir wilayah Jakarta Utara.

"Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta, durasi 7 Agustus sampai dengan 13 Agustus 2022," demikian tulis akun Instagram @bpbddkijakarta dikutip di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Dalam akun Instagram menyebutkan, saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee jarak terdekat bulan ke bumi berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum. Wilayah pesisir DKI Jakarta yang akan terdampak antara lain, Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu.

"Wilayah pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda, dan Kepulauan Seribu diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta

 

Karena itu, BPBD DKI meminta masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir. Namun, apabila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112.

“'Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG," tulisnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement