Selasa 27 Sep 2022 05:30 WIB

Timnas Belanda Masih Belum Terkalahkan Sejak Dilatih Van Gaal

Belanda belum terkalahkan sejak Van Gaal membesut tim pada Agustus 2021 lalu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal.
Foto: AP/Peter Dejong
Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Timnas Belanda melaju mulus ke final UEFA Nations League usai mengalahkan Belgia 1-0 di laga terakhir fase grup. Skuad asuhan Louis van Gaal itu menjadi satu-satunya negara yang belum menelan kekalahan dalam enam pertandingan, dengan lima kali menang dan sekali imbang.

Belanda belum terkalahkan sejak Van Gaal membesut tim pada Agustus tahun lalu setelah menjalani 14 pertandingan.

Baca Juga

Kemenangan ini tentu mendorong peningkatan kepercayaan diri Virgil van Dijk dkk jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Sebab, Belgia merupakan peringkat dua ranking FIFA dan hanya di bawah Brasil. Paling tidak, dengan pertandingan internasional terakhir jelang Piala Dunia November mendatang, Belanda akan berangkat dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Apalagi, Belanda mengalami kegagalan di Euro 2020, yang membuat Frank de Boer mengundurkan diri. Di sisi lain, Belanda akan berada di grup sulit Piala Dunia bersama dengan tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal.

Van Dijk, yang merupakan kapten timnas Belanda, mengaku tidak mudah melawan tim dengan peringkat dua dunia, dan diperkuat salah satu gelandang terbaik dunia, Kevin de Bruyne, hingga Eden Hazard.

''Tapi pada akhirnya, sepak bola adalah tentang kemenangan, dan kami senang melakukannya. Tapi kami pasti akan menganalisis permainan dan melihat apa yang bisa kami tingkatkan, karena begitulah kami,'' ujar Van Dijk, dikutip dari laman resmi UEFA, Senin (26/9/2022).

Di sisi lain, Van Gaal kurang puas dengan permainan timnya di Amsterdam Arena. Belanda kesulitan mengimbangi Belgia, khususnya di babak kedua. Beruntung, kiper Belanda, Remko Pasveer, tampil cukup baik, meski satu peluang tim tamu membentur mistar gawang. Pasveer kini mencatatkan dua clean sheet berturut-turut.

''Ini bukan pertandingan terbaik kami, Belgia lebih baik,'' kata Van Gaal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement