Jumat 30 Sep 2022 04:15 WIB

Penyintas Covid-19 Berisiko Alami Masalah Otak, Mulai dari Strok, Migrain, Hingga Depresi

Covid-19 dapat memiliki efek jangka panjang sangat merusak otak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan depresi (Ilustrasi). Penyintas Covid-19 berisiko mengalami masalah otak, mulai dari strok, migrain, depresi, gangguan kecemasan, dan brain fog atau kesulitan berkonsentrasi.
Foto: Pixabay
Perempuan depresi (Ilustrasi). Penyintas Covid-19 berisiko mengalami masalah otak, mulai dari strok, migrain, depresi, gangguan kecemasan, dan brain fog atau kesulitan berkonsentrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi SARS-CoV-2 dapat memberikan efek jangka panjang, bahkan setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19. Salah satu efek jangka panjang yang patut diwaspadai para penyintas Covid-19 adalah masalah otak.

Menurut studi dalam Nature Medicine, masalah neurologis tampak tujuh persen lebih tinggi terjadi pada penyintas Covid-19 dibandingkan pada orang yang belum pernah terkena Covid-19. Beberapa masalah otak yang mungkin ditemukan pada penyintas Covid-19 adalah strok, migrain, dan depresi.

Baca Juga

Sekilas, angka tujuh persen mungkin terlihat sedikit. Namun bila dibandingkan dengan jumlah penyintas Covid-19 yang ada di dunia saat ini, jumlahnya bisa sangat signifikan. Di Amerika Serikat misalnya, persentase tersebut setara dengan 6,6 juta orang yang mengalami masalah otak akibat infeksi SARS-CoV-2.

"Hasil studi ini menunjukkan efek jangka panjang Covid-19 yang sangat merusak, ini merupakan bagian dari long Covid," jelas peneliti senior dan ahli epidemiologi klinis dari Washington University, Ziyad Al Aly MD, seperti dilansir WebMD, Kamis (29/9/2022).

 

Studi ini dilakukan oleh tim peneliti dari Washington University School of Medicine dengan menggunakan rekam medis milik 154 ribu veteran Amerika Serikat. Para veteran ini terdiagnosis positif Covid-19 pada periode 1 Maret 2020 hingga 15 Januari 2021.

Tim peneliti juga menggunakan data dari 5,6 juta orang yang tak terkena Covid-19 pada periode tersebut sebagai pembanding. Tak hanya itu, tim peneliti juga menggunakan data pembanding yang berasal dari 5,8 juta orang sebelum Covid-19 terdeteksi di Amerika Serikat.

Selama studi berlangsung, tim peneliti memantau 44 macam gangguan otak yang dialami oleh para penyintas Covid-19, baik yang sempat dirawat di rumah sakit maupun yang tidak. Beberapa dari masalah otak tersebut adalah strok, migrain, depresi, gangguan kecemasan, dan brain fog atau kesulitan berkonsentrasi.

Cakupan partisipan yang lebih luas membuat studi ini berbeda. Seperti diketahui, beberapa studi serupa sebelumnya hanya berfokus pada penyintas Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement