Rabu 02 Nov 2022 18:49 WIB

Jembrana Kini Resmi Miliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu

Kabupaten Jembrana menjadi salah satu prioritas pembangunan PLHUT.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Gedung Layanan Haji Umrah Terpadu (Ilustrasi)
Foto: dok. Istimewa
Gedung Layanan Haji Umrah Terpadu (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Bali kini memiliki gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) terbaru, yakni PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Jembrana. PLHUT ini bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2022.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas bersama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Hilman Latief menghadiri acara Penandatanganan Prasasti SBSN Tahun 2022 di Denpasar, Bali, Selasa (1/11/2022) kemarin.

Baca Juga

Sebelumnya, satu gedung PLHUT dilaporkan juga telah dibangun di Kantor Kemenag Kabupaten Buleleng, melalui sumber dana SBSN Tahun 2020.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Nurkhamid, mengatakan gedung PLHUT Kankemenag Jembrana dibangun agar dapat melayani jemaah haji di Kabupaten Jembrana, yang jumlahnya lumayan banyak.

 

“Kabupaten Jembrana menjadi salah satu prioritas pembangunan PLHUT di Provinsi Bali karena jamaah haji di sini lumayan banyak. Kedua, terkait teknis peraturan bahwa PLHUT itu harus dibangun di tanah negara, tanah milik Kementerian Agama," ucap dia dalam keterangan yang didapat Republika, Rabu (2/11/2022).

Oleh karena itu, ia menyampaikan pembangunan PLHUT di Kabupaten Jembrana menjadi salah satu pilihan. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik di Kankemenag Kabupaten Jembrana, terutama di bidang haji dan juga umrah.

"Sehingga masyarakat merasa nyaman dan puas, mengingat populasi masyarakat muslim di Jembrana ini juga cukup besar, yakni sekitar 30 persen,” lanjutnya.

Jembrana merupakan kabupaten yang berada di sebelah barat Provinsi Bali dan berdekatan dengan Selat Bali. Waktu tempuh antara Kabupaten Jembrana dengan pusat ibu kota, Denpasar, adalah ±4 jam.

Dikarenakan jarak tempuh yang relatif jauh tersebut, keberadaan PLHUT Kankemenag Jembrana diharapkan menjadi angin segar bagi masyarakat Kabupaten Jembrana, dalam memperoleh informasi beserta pelayanan terkait haji dan umrah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komang Sri Marheni. Pada kesempatan yang sama, Menag juga meresmikan beberapa gedung lainnya yang dibiayai oleh SBSN Tahun 2022, antara lain:

1. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Mendoyo;

2. Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Buleleng;

3. Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jembrana;

4. Gedung RKB Madrasah Aliyah Negeri 3 Jembrana;

5. Gedung RKB Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Buleleng. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement