Rabu 30 Nov 2022 03:55 WIB

Enam Cara Agar Dosa Diampuni

Jangan biarkan rasa bersalah menjauhkan seorang Muslim dari rahmat Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Enam Cara Agar Dosa Diampuni
Foto: Republika.co.id
Enam Cara Agar Dosa Diampuni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Muslim sepatutnya segera memohon ampunan kepada Allah SWT setelah berbuat dosa. Rahmat Allah SWT sangat luas sehingga tidak perlu khawatir tidak akan mendapat ampunan.

Ada beberapa langkah yang perlu diperbuat agar dosa mendapat ampunan Allah SWT, sebagaimana dikutip dari About Islam. Langkah pertama, adalah jangan berpikir tidak akan mendapat ampunan Allah SWT.

Baca Juga

Jika berpikir dosa-dosa yang telah dilakukan itu terlalu besar, maka secara tidak sadar ia telah membatasi rahmat Allah SWT. Allah SWT Mahapengampun sehingga tidak sepatutnya seseorang merasa dirinya tidak akan diampuni.

Justru yang perlu dipertanyakan, adalah "Apakah Anda akan berpaling dari-Nya?" Karena itu, jangan biarkan rasa bersalah menjauhkan seorang Muslim dari rahmat Allah SWT.

 

Kedua, bersyukurlah dan ketahui janji-janji-Nya serta jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT. Hal ini sebagaimana firman-Nya:

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Az-Zumar ayat 53)

Ketiga, kubur dalam-dalam segala perbuatan buruk yang telah dilakukan dan tiban dengan perbuatan baik atau amal shaleh. Misalnya, ketika baru saja berbuat buruk seperti ghibah atau membentak istri, maka segera ucapkan istighfar untuk meminta ampun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement