Jumat 02 Dec 2022 23:21 WIB

Umur Lebah Madu Susut Hingga 50 Persen dalam 50 Tahun Terakhir, Apa Penyebabnya?

Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.
Foto: Pixabay
Satu dari sepuluh spesies lebah liar di dunia menghadapi kepunahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah makalah baru menunjukkan umur lebah madu dewasa telah menyusut hampir 50 persen dalam 50 tahun terakhir. European Red List for Bees menunjukkan hampir satu dari sepuluh spesies lebah liar menghadapi kepunahan. 

Jika diibaratkan pada manusia, maka rata-rata wanita di Inggris hidup sampai usia 41 tahun, bukan 82 tahun. Masa depan manusia juga terkait dengan lebah. Tanpa lebah dan penyerbuk lainnya, sulit menanam sebagian besar tanaman yang diandalkan untuk menjadi bahan makanan.

Baca Juga

Penelitian ini dapat membantu menjelaskan tingginya tingkat kematian koloni lebah di seluruh dunia selama beberapa dekade terakhir. Kematian lebah sangat parah di AS pada musim dingin 2006-2007, ketika beberapa peternak lebah komersial kehilangan 90 persen koloninya.

Tingginya tingkat kematian koloni lebah yang tidak dapat dijelaskan juga telah dilaporkan di Kanada, Australia, Belgia, Prancis, Belanda, Yunani, Italia, Portugal, Spanyol, Swiss, Jerman, Finlandia, dan Polandia. Pada musim dingin 2012-2013, 29 persen koloni lebah madu di Inggris mati.

 

Penulis penelitian, Anthony Nearman dan Dennis van Engelsdorp dari University of Maryland, menggunakan pemodelan matematika untuk menunjukkan harapan hidup lebah yang lebih rendah dapat menyebabkan kematian koloni massal. Menurut penelitian mereka, sejak 1969, masa hidup lebah madu di AS telah turun dari rata-rata 34 hari menjadi hanya 18 hari.

Para penulis percaya lebah madu modern mungkin menderita prevalensi penyakit yang lebih tinggi seperti virus sayap cacat, yang telah menjadi lebih umum sejak ditemukan 40 tahun lalu, karena penyebaran global vektornya, tungau varroa. Lebah modern mungkin dilemahkan oleh generasi baru pestisida yang tidak ada 50 tahun lalu.

Penjelasan lain yang penulis tawarkan adalah bahwa gen lebah mungkin telah berubah. Umur lebah madu terkait dengan gen mereka. Buatan (oleh peternak lebah) atau seleksi alam mungkin mendukung lebah dengan rentang hidup lebih pendek.

Para ilmuwan melihat ini terjadi pada spesies lain. Misalnya cod sekarang matang lebih awal dan ukurannya lebih kecil karena penangkapan ikan yang berlebihan berarti ikan jarang bertahan cukup lama untuk tumbuh besar. Mungkin penyebab stres di dunia modern, seperti pestisida dan penyakit, membuat lebah madu jarang bertahan lama.

“Jadi evolusi mereka mungkin mendukung gaya hidup hidup-cepat-mati-muda,” demikian laporan ditulis Dave Goulson, Profesor Biologi (Evolusi, Perilaku dan Lingkungan), University of Sussex, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (2/12/2022).

Lebah sudah menghadapi banyak tekanan untuk bertahan hidup. Sebuah studi terpisah oleh University of Bristol, dirilis pada November 2022, menemukan bahwa pupuk mengubah medan listrik tanaman yang mengubah cara lebah merasakan bunga. Itu membuat mereka tidak mengunjungi bunga.

Habitat lebah menghilang. Sejak tahun 1930-an, 97 persen padang bunga liar telah hilang di Inggris karena pertanian semakin intensif.

Berkurangnya harapan hidup lebah berarti juga minim penyerbukan. Lebah dan serangga penyerbuk lainnya sangat penting untuk panen yang baik bagi 75 persen tanaman yang kita tanam di seluruh dunia. Lebah juga menyerbuki sekitar 80 persen dari semua tumbuhan liar.

Semua spesies lebah menghadapi tantangan serupa dengan lebah madu, tetapi tidak diketahui harapan hidup mereka telah berubah. Jika lebah benar-benar hidup untuk mengurangi waktu di alam liar, perlu diletahui alasannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement