Sabtu 03 Dec 2022 19:19 WIB

Rekomendasi Wisata di Bengkulu, Selain Bisa Hilangkan Penat Juga Penuh Sejarah

Biaya masuk ke tempat-tempat wisata bersejarah ini amat terjangkau.

Rekomendasi wisata di Bengkulu yang penuh nilai sejarah, salah satunya rumah pengasingan Bung Karno.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Rekomendasi wisata di Bengkulu yang penuh nilai sejarah, salah satunya rumah pengasingan Bung Karno.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Bengkulu menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak kisah sejarah bangsa. Di kota berjuluk Bumi Rafflesia ini, terdapat beragam bangunan bersejarah yang dapat dikunjungi.

Selain sebagai destinasi wisata untuk menghilangkan penat setelah menjalani pekan yang padat, tempat-tempat tersebut juga akan menambah wawasan serta memperkukuh jati diri sebagai bangsa Indonesia. Di antara banyaknya wisata sejarah di Bengkulu, berikut ini tiga rekomendasi yang bisa jadi pilihan untuk Anda kunjungi:

Baca Juga

1. Rumah pengasingan Bung Karno

photo
Rumah Pengasingan Proklamator. Suasana rumah pengasingan Bung Karno, Ratu Samban, Bengkulu, Ahad (1/5). - (Tahta Aidilla/Republika)

 

Dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Ir Sukarno atau Bung Karno menghadapi banyak tantangan yang tak mudah untuk dilalui. Berkali-kali, ia diasingkan ke beberapa lokasi mulai dari Flores hingga Bengkulu.

Saat diasingkan di Bengkulu, Bung Karno tinggal di sebuah rumah yang awalnya merupakan tempat tinggal seorang pengusaha bahan pokok untuk pemerintah kolonial Belanda, Tan Eng Cian, di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Bung Karno tinggal di rumah tersebut pada 1938 hingga 1942. Di sana, ia melakukan berbagai aktivitas mulai dari politik hingga kesenian.

Jika berkunjung ke sini, hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5 ribu, Anda dapat melihat beberapa benda baik benda tiruan maupun asli peninggalan Bung Karno yang bersejarah. Menariknya, di bagian belakang rumah, ada sebuah sumur yang konon dipercaya masyarakat bisa membuat awet muda bagi siapa pun yang mencuci muka di sana.

2. Rumah Fatmawati

photo
Rumah Fatmawati di Bengkulu. - (ANTARA/Carminanda)

 

Tak jauh dari rumah pengasingan Bung Karno, terdapat rumah kediaman Fatmawati. Rumah ini berada di Jalan Fatmawati, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Meski dibangun ulang, rumah tersebut tetap mempertahankan konstruksi aslinya sebagai rumah panggung. Perabotan-perabotan asli peninggalan Fatmawati juga masih dipertahankan di dalam rumah.

Tanpa membayar tiket masuk, Anda bisa memasuki rumah tersebut dan melihat berbagai benda peninggalan termasuk alat yang digunakan Fatmawati saat menjahit Bendera Merah Putih. Selain itu, di rumah tersebut Anda juga bisa melihat foto-foto Fatmawati bersama Bung Karno.

3. Benteng Marlborough

photo
Benteng Marlborough - (museumindonesia.com)

 

Benteng Marlborough atau Fort Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris yang dibangun pada 1714-1719. Benteng ini berlokasi di tepi Pantai Tapak Paderi.

Saat berkunjung ke Benteng Marlborough, Anda akan dikenakan tiket masuk Rp 5 ribu saja. Di sana, Anda dapatmelihat 72 meriam serta beberapa bangunan yang dulunya berfungsi sebagai kantor, barak, hingga penjara.

Salah satu yang menarik dari Benteng Marlborough adalah adanya kisah yang menceritakan seorang tahanan menulis cerita pilu di dinding tembok menggunakan darahnya sampai dia meninggal dunia. Di dalam kompleks bangunan Benteng Marlborough juga terdapat makam Deputi Gubernur Richard Watts dan Residen Thomas Parr. Selain itu, ada juga diorama Bung Karno yang sedang berdialog dengan Residen CE Maier.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement