Kamis 08 Dec 2022 13:15 WIB

AS: China Ingin Perdalam Pengaruhnya di Timur Tengah

Presiden China melakukan kunjungan ke Arab Saudi selama tiga hari.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Presiden China Xi Jinping, kanan, disambut oleh Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz, Gubernur Riyadh, setelah kedatangannya di Riyadh, Arab Saudi, Rabu, 7 Desember 2022.
Foto: Saudi Press Agency via AP
Presiden China Xi Jinping, kanan, disambut oleh Pangeran Faisal bin Bandar bin Abdulaziz, Gubernur Riyadh, setelah kedatangannya di Riyadh, Arab Saudi, Rabu, 7 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) menuding China berusaha memperluas pengaruhnya ke kawasan Timur Tengah. Hal itu disampaikan saat Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan ke Arab Saudi.

“Kami memperhatikan pengaruh yang coba dikembangkan China di seluruh dunia. Timur Tengah tentu saja merupakan salah satu kawasan di mana mereka ingin memperdalam tingkat pengaruhnya,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby saat ditanya awak media tentang kunjungan Xi ke Saudi, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, upaya China memperlebar pengaruhnya ke seluruh dunia tidak kondusif bagi tatanan internasional. “Kami percaya bahwa banyak hal yang mereka (China) coba kejar dan cara mereka berusaha mengejarnya tidak kondusif untuk melestarikan tatanan berbasis aturan internasional,” ujar Kirby.

Terkait kunjungan Xi ke Saudi, Kirby mengatakan, Riyadh telah menjadi mitra strategis AS selama sekitar 80 tahun. Namun kini Presiden Joe Biden telah memerintahkan peninjauan kembali hubungan bilateral kedua negara. “Ya, setelah keputusan OPEC+ beberapa bulan lalu, kami sedang meninjau hubungan bilateral tersebut dan memastikan bahwa ini paling sesuai dengan kepentingan keamanan nasional Amerika. Pekerjaan itu sedang berlangsung,” ucap Kirby.

Xi Jinping tiba di Saudi pada Rabu lalu. Dia diagendakan berada di negara tersebut selama tiga hari dan akan berpartisipasi dalam tiga konferensi tingkat tinggi (KTT). Ini merupakan kunjungan pertama Xi ke Saudi sejak 2016. Lawatannya kali ini merupakan pemenuhan undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Saat tiba di King Khalid International Airport, Xi disambut Gubernur Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan. Terdapat tiga KTT yang akan dihadiri oleh Xi selama lawatannya ke Saudi. Pertama yakni Saudi Arabia-China Summit. Raja Salman akan memimpin langsung pihak Saudi dalam KTT tersebut. Penguatan kerja sama bilateral dilaporkan akan menjadi isu utama yang dibahas dalam konferensi bilateral itu.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement