Rabu 28 Dec 2022 15:58 WIB

Mihrab di Masjid-Masjid Bersejarah

Sebelumnya, tidak ada mihrab di dalam Masjid Nabawi

Mihrab Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.
Foto: blogspot.com
Mihrab Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,Dr Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali dan Dr Muhammad Muhsin Khan punya definisi tentang kata mihrab. Dalam cetakan Alquran King Fahd Complex, Saudi Arabia, keduanya mendefinisikan mihrab sebagai tempat shalat kecil atau ruang privasi, bukan arah atau penunjuk tempat shalat, apalagi tempat imam memimpin shalat.

Selain memiliki beragam pengertian, kehadiran bagian interior masjid itu pun tak seutuhnya disepakati umat Islam. Ada yang memperbolehkan dan ada pula yang melarang kehadiran mihrab di dalam masjid karena tak pernah dicontohkan Rasulullah SAW.

Baca Juga

Mihrab Masjid Nabawi

Menurut Imtiaz Ahmad dalam bukunya, Lesson for Every Sensible Person, mihrab yang terdapat di Masjid Nabawi memiliki sejarah yang sangat penting diketahui umat Islam.

Mihrab Nabawi

Sebelumnya, tidak ada mihrab di dalam Masjid Nabawi selama periode pemerintahan Rasulullah SAW hingga Khulafaur Rasyidin. Baru pada tahun 91 H, Khalifah Umar bin Abdul Aziz pertama kali memerintahkan untuk dibuat sebuah mihrab. Menurut Imtiaz, bila seseorang berdiri di dalam mihrab ini dan melaksanakan shalat, tempat sujudnya itu akan terletak di mana kaki Rasulullah SAW berpijak. Dinding tebal mihrab tersebut menutupi tempat sujud Nabi SAW.

Mihrab Utsmani

Disebut Mihrab Utsmani, karena di tempat ini Khalifah Utsman bin Affan RA mengimami shalat. Kemudian, di masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz, pun dibangun mihrab di sini. Sekarang, imam Masjid Nabawi juga mengimami shalat di tempat tersebut.

Mihrab Hanafi

Sebelumnya, imam shalat dari empat mazhab (Hanafi, Syafi'i, Maliki, dan Hambali) mengimami shalat di Masjid Nabawi secara terpisah di waktu dan tempat yang berbeda. Dan, tempat ini disebut Mihrab Hanafi. Karena, dulunya Imam Hanafi mengimami shalat di tempat tersebut. Namun kini, hanya satu shalat berjamaah yang dilaksanakan di Masjid Nabawi yang dipimpin oleh Imam dari Mazhab Hanafi. Hal ini berlaku sejak kekuasaan dipegang oleh Pemerintah Arab Saudi.

Mihrab Tahajud

Tempat ini merupakan kegemaran Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan shalat Tahajud. 

sumber : Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement