Jumat 03 Feb 2023 14:02 WIB

Alasan Pilpres akan Ketat Jika Ganjar Vs Anies: 16,2 Persen Belum Tentukan Pilihan

Berdasarkan survei terbaru SMRC, elektabilitas Ganjar dan Anies berselisih tipis.

Kotak suara pilpres. Pilpres 2024 diprediksi akan berlangsung ketat jika hanya mempertemukan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kotak suara pilpres. Pilpres 2024 diprediksi akan berlangsung ketat jika hanya mempertemukan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Fauziah Mursid, Febrianto Adi Saputro, Febryan A

Founder Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani mengatakan, persaingan Pilpres 2024 akan ketat jika hanya Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang bertarung. Dalam simulasi yang dilakukan SMRC, jika Pilpres 2024 hanya mempertemukan dua nama itu, maka Ganjar akan mendapatkan dukungan 43,3 persen dan Anies Baswedan 40,5 persen.

Baca Juga

"Kalau Ganjar dengan Anies ini menjadi ketat persaingannya ya, 43,3 persen dan 40,5 persen, itu yang terjadi dan kita belum tahu 16,2 ini akan ke siapa," kata Saiful Mujani dalam program ‘Bedah Politik' episode "Pilpres Putaran Kedua: Ganjar vs Anies?” yang disiarkan melalui kanal Youtube SMRC TV, Kamis (2/2/2023).

Saiful mengatakan, kondisi ini terjadi jika kedua calon ini masuk pada putaran kedua Pilpres 2024. Sebab, pilpres maksimal hanya bisa diikuti dengan empat pasangan jika koalisi PDIP maju sendiri, Golkar bersama PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Gerindra berkoalisi dengan PKB (Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya), sementara Nasdem, Demokrat, dan PKS membentuk Koalisi Perubahan.

Melalui simulasi yang dilakukan SMRC, jika diikuti tiga pasangan atau empat calon, belum ada calon yang mendapat 50 persen lebih sebagai syarat pemenang pilpres. Karenanya, putaran kedua tidak terhindarkan dan Ganjar dan Anies yang paling berpeluang.

Namun demikian, jika Anies dan Ganjar head to head, maka belum dapat dipastikan siapa pemenangnya. Mengingat masih ada 16,2 persen yang belum diketahui akan memilih siapa. Dia menilai, posisi Ganjar dan Anies di data ini seimbang karena selisihnya di bawah margin of error 3,1 persen.

"Jadi bisa saja Anies yang unggul dalam kenyataannya atau Ganjar terhadap Anies, kita belum tahu persis posisinya ini saya katakan seimbang dalam margin of error itu ya," ujarnya.

Saiful melanjutkan, saat ini pengetahuan masyarakat terhadap Anies jauh lebih besar dibanding terhadap Ganjar. Dia menilai, jika sudah sosialisasi, pengetahuan publik pada kedua nama tersebut akan relatif sama.

Hasil analisis terhadap data survei SMRC pada Desember 2022 menunjukkan, bahwa jika tingkat kedikenalan Anies dan Ganjar sama, maka hasil elektabilitas keduanya mengalami perubahan, Ganjar naik menjadi 52,4 persen, Anies 39,5 persen.

"Jadi sudah dapat 50 persen lebih kira-kira Ganjar menurut prediksi kita di survei Desember, apakah akan terjadi demikian, seperti ini kita lihat, kita cermati terus dari bulan ke bulan apa yang terjadi di lapangan tapi untuk sementara belum ada sosialisasi yang seimbang antara Ganjar dan Anies adalah 43 lawan 40, masih imbang," ujarnya.

Karena itu, selisih yang ketat menurut Saiful, agak berbahaya mengingat tensi politik bisa memanas di tengah masyarakat. Karena itu, dia menilai hal ini harus diantisipasi jangan sampai posisinya seimbang. Menurutnya, Siapapun calonnya perlu ada gap suara yang cukup signifikan.

"Secara ilmiah harus bisa diprediksi. Tapi, kalau tipis, hanya ribuan, itu seperti pemilihan umum di Amerika Serikat tahun 2000. Ketika itu, Al Gore melawan Bush junior hanya ditentukan di sebuah daerah pemilihan di Florida dan jumlah pemilihnya hanya ratusan. Itu membuat ketegangan dan tensi sosial memanas selama berbulan-bulan," ujarnya.

"Bisa kita bayangkan kalau seperti itu di Indonesia," tambahnya.

 

In Picture: Pertemuan Nasdem ke DPP Golkar

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (1/2/2023). Pertemuan tersebut sebagai bentuk silahturahmi sekaligus agenda lanjutan dari pertemuan sebelumnya. - (Republika/Prayogi.)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement