Senin 06 Feb 2023 04:00 WIB

Kuku Kaki Berubah Warna Jadi Kuning, Biru, atau Hitam, Gejala Penyakit Apa?

Kuku berubah warna dapat menjadi petunjuk penyakit tertentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kuku kaki (ilustrasi). Perubahan warna pada kuku kaki dapat menjadi petunjuk adanya penyakit tertentu.
Foto: www.freepik.com
Kuku kaki (ilustrasi). Perubahan warna pada kuku kaki dapat menjadi petunjuk adanya penyakit tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kuku kaki yang menguning sering kali dianggap sepele. Padahal, itu bisa jadi tanda masalah yang serius. Ahli penyakit kaki yang berbasis di London, Inggris, Dina Gohil, memperingatkan bahwa kuku kaki yang menguning bisa disebabkan oleh infeksi jamur kuku.

"Ketika infeksi jamur dimulai, Anda mungkin mulai melihat perubahan warna pada bagian kecil dari kuku yang semakin lama semakin membesar. Meskipun ini bisa berwarna kuning, namun bisa juga berwarna putih, atau bahkan cokelat tua," kata Gohil, seperti dilansir laman Express, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga

Saat jamur menyebar, kuku bisa menjadi rapuh, berkapur, berbau bahkan lebih mudah robek. Sementara itu, pada infeksi kronis, lanjut Gohil, kuku bisa menebal lalu mulai terpisah dari bantalan kuku sehingga menyebabkan rasa sakit.

"Jika Anda menemukan tanda-tanda infeksi jamur kuku kaki, maka yang terbaik adalah menggunakan pengobatan antijamur yang dijual bebas. Namun, jika masalah terus berlanjut, segera periksakan ke dokter," kata Gohil.

 

Kuku kaki yang berwarna kuning juga bisa menjadi tanda diabetes, psoriasis, atau bahkan gangguan tiroid. Karenanya, Gohil menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, dengan begitu Anda bisa menemukan kondisi kesehatan yang mendasari dan mendapat perawatan segera.

Diabetes dan gangguan tiroid, misalnya, dapat didiagnosis dengan melakukan tes darah. Saat melihat kuku kaki, warna lain yang perlu diwaspadai meliputi biru, hitam, putih, dan pucat.

"Kuku yang berwarna biru sering kali merupakan indikator bahwa tidak ada cukup oksigen yang masuk ke kuku," kata Gohil.

Gohil menjelaskan bahwa hal ini menunjukkan kemungkinan adanya masalah pernapasan yang berhubungan dengan paru-paru, atau gangguan jantung. Oleh karena itu, kuku kaki yang berwarna biru harus segera diperiksakan ke dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement