Rabu 08 Feb 2023 20:45 WIB

WhatsApp Segera Rilis Tiga Fitur Utama Ini

Fitur WhatsApp terbaru itu termasuk fitur berbagi foto dan media.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa fitur lagi yang kabarnya akan segera dihadirkan WhatsApp untuk Android dan iOS supaya pengalaman pengguna menjadi lebih baik.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Ada beberapa fitur lagi yang kabarnya akan segera dihadirkan WhatsApp untuk Android dan iOS supaya pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp sudah menawarkan cukup banyak fitur menarik dan memadai untuk pengguna aplikasinya. Namun, ada beberapa fitur lagi yang kabarnya akan segera dihadirkan WhatsApp untuk Android dan iOS supaya pengalaman pengguna menjadi lebih baik.

Tiga fitur utama yang kabarnya segera dirilis WhatsApp termasuk fitur berbagi foto dalam ukuran asli, fitur berbagi media yang diperluas, serta transfer riwayat obrolan dengan lebih mulus. Perkembangan platform tersebut diketahui dari versi beta aplikasi.

Baca Juga

Dikutip dari laman India Today, Rabu (8/2/2023), saat ini WhatsApp memang masih membatasi kualitas gambar atau foto yang dibagikan. Alasannya adalah untuk menghemat data seluler dan membantu pengguna berbagi gambar dengan lebih cepat. Namun, banyak pengguna lebih suka foto atau gambar beresolusi tinggi.

Tidak heran jika WhatsApp kemudian terpikir memberikan opsi kepada pengguna untuk memilih kualitas asli saat berbagi gambar. Ini tidak akan tersedia secara default karena menguras cukup banyak data seluler. Jadi, pengguna sebaiknya memilih opsi dahulu.

Fitur berikutnya adalah penambahan jumlah media yang dibagikan. Saat ini, batas maksimalnya adalah 30 gambar. Menurut detail yang dibagikan oleh WaBetaInfo, batasnya bakal meningkat menjadi 100 gambar untuk dibagikan sekaligus.

Fitur tersebut telah terlihat di pembaruan Android 2.23.4.3 beta terbaru. Hal yang sama akan tersedia untuk semua pengguna di pembaruan mendatang. Selain dua fitur tersebut, nantinya pengguna WhatsApp bisa mentransfer riwayat obrolan dengan lebih mulus.

WhatsApp akan memungkinkan pengguna mentransfer riwayat obrolan ke ponsel Android baru tanpa menggunakan Google Drive. Pengguna cukup memindai kode QR dan tidak perlu mencadangkan obrolan ke Google Drive terlebih dahulu lalu memilih metode transfer.

Tangkapan layar yang dibagikan WabetaInfo mengungkapkan bahwa pengguna hanya perlu membuka bagian transfer obrolan di aplikasi (di ponsel baru). Kemudian, gunakan kamera ponsel lama untuk memindai kode QR yang akan terlihat di perangkat baru.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk WhatsApp versi stabil. Sumber yang dikutip mengklaim bahwa WhatsApp berencana untuk menawarkan fitur di pembaruan mendatang, tapi belum ada waktu peluncuran resmi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement