Kamis 02 Mar 2023 20:17 WIB

Curah Hujan Arab Saudi di Januari Tertinggi dalam 40 Tahun

Curah hujan juga lebih tinggi dari rata-rata pada bulan yang sama pada 2022.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi. Curah Hujan Arab Saudi di Januari Tertinggi dalam 40 Tahun
Foto: Saudi Gazette
Suasana jalan ketika hujan di Arab Saudi. Curah Hujan Arab Saudi di Januari Tertinggi dalam 40 Tahun

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian Arab Saudi mengungkapkan curah hujan rata-rata di seluruh wilayah Arab Saudi selama Januari mencapai rekor tertinggi 23,58 milimeter (mm), tertinggi yang pernah diterima selama 40 tahun terakhir. 

Melansir laman Saudi Gazette, (Rabu (1/3/2023), curah hujan juga lebih tinggi dari rata-rata yang tercatat pada bulan yang sama pada 2022. Curah hujan tahun lalu sebesar 15,41 milimeter, menurut catatan stasiun pemantauan hidrologi kementerian.

Baca Juga

Kementerian mengatakan hal itu dalam laporannya terkait pemantauan jumlah curah hujan dan volume air deras yang masuk dan keluar dari bendungan di wilayah Kerajaan selama Januari 2023. Stasiun pelabuhan Jeddah di wilayah Makkah mencatat pembacaan curah hujan tertinggi, sebesar 84,6 mm pada hari pertama Januari.

Laporan tersebut menunjukkan total curah air dari semburan yang mencapai bendungan pada Januari berjumlah sekitar 182,7 juta meter kubik. Sedangkan total volume air yang dikeluarkan darinya berjumlah 108,9 juta meter kubik.

Kementerian tersebut menyatakan  bendungan di wilayah Makkah memiliki bagian terbesar dari air deras yang masuk karena volumenya melebihi 70,9 juta meter kubik. Bendungan Rabigh di wilayah Mekkah menyaksikan jumlah aliran masuk tertinggi dengan sekitar 48,7 juta meter kubik. Sedangkan Bendungan Turbah mencatat pelepasan tertinggi 15,2 juta meter kubik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement