Selasa 07 Mar 2023 17:00 WIB

Pesona Wadi Qanuna, Bendungan Terbesar di Arab Saudi

Arab Saudi memiliki Wadi Qanuna.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Pesona Wadi Qanuna, Bendungan Terbesar di Arab Saudi
Foto: Arab News
Pesona Wadi Qanuna, Bendungan Terbesar di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi tidak hanya memiliki gurun dan gunung-gujung berbatu sebagai area wisata bagi pecinta hiking. Arab Saudi juga memiliki bendungan Wadi Qanuna sebagai tempat wisata yang tak kalah menarik.

Dengan kapasitas 79,2 juta meter kubik air, Bendungan Wadi Qanuna dianggap sebagai waduk terbesar di Kerajaan.

Baca Juga

Struktur yang panjangnya 326 meter dan tingginya 70 meter ini berisi pabrik pemurnian air, dengan kapasitas produksi harian 18 ribu meter kubik. Setelah diolah, air akan mengalir ke daerah penerima manfaat.

Terletak di Lembah Qanuna, salah satu daerah terindah di negara itu. Air mengalir dari bendungan melalui lembah sepanjang tahun, dengan perkebunan, pohon palem, dan pohon abadi tersebar di sepanjang sisinya.

 

Dilansir dari Arab News, Selasa (7/3/2023), situs ini adalah tujuan wisata yang populer, terutama selama musim dingin, dan lembah ini ditandai tidak hanya oleh air mengalir dan keindahan alamnya, tetapi juga formasi batuan yang unik dan prasasti arkeologi, ditambah pasar Habasha tepi bank.

Sebuah jalan membentang di sepanjang sisi bendungan, yang memungkinkan pengunjung kesempatan untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.

Al-Ardyat adalah salah satu kegubernuran wilayah Makkah dan berada di ujung selatan antara Al-Baha dan Asir di daerah Tihama. Ini memiliki warisan budaya yang kaya dan sektor pariwisata yang berkembang pesat.

 

photo
Infografis wisata lembah di Arab Saudi - (Republika)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement