Sabtu 11 Mar 2023 14:15 WIB

Busana Muslim Bandung Ethica, Optimistis Ramadan Tahun Ini Naik 30 Persen

Budaya selfie di masyarakat membantu meningkatkan penjualan brand baju muslim.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Founder Ethica yang juga merupakan tokoh masyarakat Kota Bandung Asep Mulyadi (tengah) di acara Indonesia Hijab Walk 2023 di Trans Convention Centre, Jumat malam (10/3/2023).
Foto: Istimewa
Founder Ethica yang juga merupakan tokoh masyarakat Kota Bandung Asep Mulyadi (tengah) di acara Indonesia Hijab Walk 2023 di Trans Convention Centre, Jumat malam (10/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun lalu, ternyata tak berpengaruh signifikan pada penjualan brand busana lokal asal Bandung. Brand bernama Ethica ini, justru malah mengalami kenaikan penjualan hingga 15 persen. 

Bahkan, menurut Founder Ethica yang juga merupakan tokoh masyarakat Kota Bandung Asep Mulyadi, menjelang Idul Fitri brand Ethica menargetkan kenaikan hingga 30 persen. Dia menjelaskan, peningkatan penjualan di saat pandemi Covid-19 ini ternyata ada penyebabnya. Hal itu terjadi, karena budaya selfie di masyarakat membantu meningkatkan penjualan brand baju muslimnya.

"Meski di rumah, para konsumen baju Muslim tetap lakukan selfie, di sini mereka enggan menggunakan pakaian yang itu-itu saja. Hasilnya, penjualan kami justru naik, nah sekarang sudah mulai normal lagi peningkatannya pun diperkirakan akan signifikan," ujar Asep disela-sela Indonesia Hijab Walk 2023 di Trans Convention Centre, Jumat malam (10/3/2023).

Menurut Asep, dirinya bersyukur, Indonesia ini mayoritas adalah muslim sehingga konsumen baju muslim dipastikan selalu ada. Apalagi, menjelang Ramadhan dan Idul Fitri seperti sekarang ini. 

"Kami juga telah menyiapkan 80 model baru dari Ethica, ini dari model anak-anak, perempuan dewasa dan lelaki dewasa," katanya.

Menurut Asep, Ethica membidik pasar menengah ke atas. Walau pun begitu, harganya masih terjangkau, khususnya bagi kalangan menengah. 

"Untuk hijab atau dress bagi perempuan di sekitar Rp 400-600 ribu. Sedangkan untuk laki-laki Rp 250 ribuan," katanya.

Di tempat yang sama, CEO Ethica, Rismawanti mengatakan, pada ramadhan tahun ini, pihaknya meluncurkan model-model baru yang bertema kebahagiaan. Diharapkan, produk Ethica bisa memberikan rasa bahagia bagi penggunanya. Karenanya model baru ini banyak yang menggunakan warna ceria.

"Kami membuat model tangan balon, tangan lonceng, dan juga membuat model dengan tambahan ribbon. Sedangkan material yang digunakan adalah sutra dan organza yang membuat nyaman digunakan," katanya.

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, kata dia, Ethica memperbanyak produksi model dengan tema 'Sarimbit'. Model ini adalah model yang digunakan oleh keluarga dengan model dan yang hampir serupa. Sehingga kekompakan dalam merayakan kebersamaan bisa terlihat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement