Sabtu 11 Mar 2023 14:40 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Kota Bandung Dibandrol Rp 80 Ribu/Kg

Kenaikan harga disebabkan kondisi cuaca yang berdampak pada hasil panen kurang baik.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agus Yulianto
Pedagang cabai rawit merah kini mematok harga Rp 80 ribu per kilogram.
Foto: Republika/Prayogi.
Pedagang cabai rawit merah kini mematok harga Rp 80 ribu per kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menjelang Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok dilaporkan merangkak naik, termasuk harga cabai. Kenaikan ini serentak terjadi hampir di seluruh wilayah di Tanah Air, termasuk Kota Bandung. 

Kepala Bidang Distribusi Perdagangan dan Pengawasan Kemeterologian Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Meiwan Kartiwa mengatakan, harga cabai rawit merah naik hingga 45 persen atau sekitar Rp 30 ribu/ kg dari harga awal. 

“Harga cabai rawit merah di Kota Bandung saat ini berkisar Rp 70-80 ribu per kilogram, harga normalnya di kisaran Rp 40-57 ribu per kilogram,” ujarnya, Sabtu (11/3/2023). 

Dia mengatakan, kenaikan ini tak hanya disebabkan siklus rutin kenaikan komoditas menjelang Ramadhan, tapi juga dampak dari kondisi cuaca yang menyebabkan hasil panen kurang optimal. Kata dia, upaya yang dilakukan Pemkot Bandung untuk mengendalikan harga pasar adalah dengan mengadakan operasi pasar murah. 

“Pekan depan kita akan adakan pasar murah di 30 kecamatan sebagai salah satu upaya mengatasi kenaikan harga cabai rawit merah,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengakui, bahwa kenaikan ini telah berlangsung semenjak dua pekan terakhir. Dia juga menekankan, bahwa Disdagin terus melakukan pengecekan di sembilan pasar di Kota Bandung untuk terus mendapatkan perbaharuan fluktuasi haega seluruh komoditas pokok, terutama cabai. 

Tak hanya cabai, harga bawang putih juga terpantau naik. Berdasarkan pantauan di Pasar Kosambi dan Pasar Andir, Kota Bandung, terpantau harga bawang putih saat ini berkisar di harga Rp 30-32 ribu per kilogram, dari harga Rp 28 ribu/kg.  

Salah satu pedagang di Pasar Kosambi, Imas, mengatakan, kenaikan ini sudah menjadi hal yang lumrah terjadi menjelang Ramadhan. Hal serupa juga diungkapkan Tuti, salah satu pedagang sembako di Pasar Andir. Menurutnya, kenaikan harga biasanya akan terus berlanjut hingga sepekan sebelum Ramadhan. 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) per 10 Maret 2023, harga bawang putih di Kota Bandung, merangkak naik secara konsisten mulai dari 6 Maret 2023. Merujuk pada perkembangan harga di Pasar Kiaracondong, mulai Senin (6/3), harga berkisar di Rp 27 ribu/kg, dan mulai menunjukkan kenaikan menjadi Rp 30 ribu pada Rabu (8/3), dan terus naik hingga Jumat (10/3) kemarin menjadi Rp 32 ribu/kg. Kenaikan harga bahkan lebih terlihat di Pasar Kosambi yang dimulai dengan harga Rp 33.500/kg pada 6 Maret 2023, dan merangkak menjadi Rp 34.500/kg di Jumat (10/3) kemarin. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement