Cara Artis Donita Ajarkan Anak Berpuasa Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Mar 2023 07:05 WIB

Donita. Cara Artis Donita Ajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Foto: Tangkapan layar Channel Youtube Donita Adi TV Donita. Cara Artis Donita Ajarkan Anak Berpuasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Di bulan ini, setiap Muslim wajib menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Ibadah puasa Ramadhan ini hukumnya wajib bagi mereka yang sudah 'aqil baligh. Meski demikian, banyak orang tua yang mulai membiasakan anaknya untuk puasa sejak usia dini.

Baca Juga

Salah satu artis ibu kota, Donita, termasuk salah satu yang berusaha mengajarkan buah hatinya untuk berpuasa selama Ramadhan. Ia menyebut cara yang ia ambil untuk mengajari anaknya beribadah adalah dengan mengenalkan tentang surga dan neraka.

"Paling penting adalah anak pahami dulu apa manfaatnya beribadah. Biasanya aku kenalkan dari hal yang paling cetek, yaitu surga dan neraka," kata ibu dari dua anak ini di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Ia pun menggambarkan surga sebagai tempat dimana anak-anaknya bisa makan cokelat dan bermain gawai sepuasnya. Cara agar masuk surga, kata dia, adalah dengan mengumpulkan tiket masuk dengan melakukan ibadah, seperti berpuasa.

Sehubungan dengan ibadah lainnya di bulan Ramadhan, Donita juga mengajak anak-anaknya rajin beribadah ke masjid. Shalat tarawih dan beramal disebutkan sebagai salah satu upaya mengumpulkan tiket ke surga itu.

"Dengan sholat dan puasa, lalu beramal, anak-anak tahu kalau mereka itu mau mengumpulkan tiket nanti ke surga," ucap istri Adi Nugroho itu.

Donita juga mengajarkan anak-anaknya tentang bagaimana cara menjaga kebersihan dan menerapkan kebiasaan hidup bersih. Kepada buah hatinya, ia menjelaskan kebersihan merupakan bagian dari ibadah untuk masuk surga.

"Dengan kita sholat, puasa, beramal dan menjadi banyak, salah satunya menjaga kebersihan. Jadi anak-anak tuh jadi tahu aku mau ngumpulin tiket buat ke surga. Terus aku tanya ngapain kamu? Katanya mau bantu ngepel untuk mengumpulkan tiket (ke surga)," ujar dia.