Dewi Sandra tak Ingin Lewatkan Ramadhan tanpa Khatam Alquran

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 21 Mar 2023 00:35 WIB

Dewi Sandra. Dewi Sandra tak Ingin Lewatkan Ramadhan tanpa Khatam Alquran Foto: Republika/Rossi Handayani Dewi Sandra. Dewi Sandra tak Ingin Lewatkan Ramadhan tanpa Khatam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam dapat memperbanyak amalan membaca Alquran. Hal ini pula yang akan dilakukan aktris Dewi Sandra.

Hanya saja dia enggan mengungkapkan jumlah khatam Alquran selama Ramadhan. "Lagi-lagi manusia itu lemah, paling banyak alasan, paling banyak lupa, cuma berdoa semoga Allah tolong," kata aktris kelahiran 1980 ini, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

Dewi mengatakan, semua orang memiliki waktu yang sama selama 24 jam dan tujuh hari dalam sepekan. Namun, apabila masih lalai, artinya masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

"Saya malu ngebahas khatam Alquran, di luar sana orang khatam Alquran nggak satu bulan, (tapi) satu hari. Kayaknya lucu untuk saya ngomong dengan bangga. Kita lagi mengukur diri tahun ini. Ada banyak sekali kekurangan, mumpung dikasih kesempatan tahun ini, kalau dipertemukan Ramadhan, ini waktunya mudah-mudahan saya bisa gunakan waktu dengan baik," kata Dewi.

Menurut Dewi, Ramadhan terlalu mahal untuk dilewati begitu saja. Namun, seorang hamba harus dapat memperkuat diri dengan Allah Ta'ala.

"Kita sama Allah, boleh buka bersama, segala macam, semua orang punya kepentingan masing-masing, tapi saya ingin fokus," katanya.

"Saya pikir zaman Covid pelajaran mahal, fokus di rumah nggak boleh keluar, membaca Alquran all out, semua nikmat tidak ada halangan. Buat saya positif, dan tetap menjalankan tahun ini harus pilah-pilih saya pengen kualitas dengan Rabb lebih baik," kata Dewi.