30.000 Orang Kunjungi Pameran Masjid Nabawi Selama Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul

Ahad 16 Apr 2023 12:06 WIB

Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan. Foto: Saudi Gazette Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kerajaan Saudi menggelar Pameran Gedung Masjid Nabawi di masjid suci kedua Islam tersebut. Presidensi Umum Bidang Pameran dan Permuseuman melaporkan selama dua puluh hari pertama Ramadhan, jumlah pengunjung mencapai 20.500 orang.

Dilansir di Riyadh Daily, Ahad (16/4/2023), Presidensi juga menyebut selama Ramadhan ini 28 delegasi VIP dan lima acara liputan media telah mendatangi pameran.

Baca Juga

Tidak hanya itu, dari data tersebut terungkap 4.017 pengunjung mengikuti pameran Sunnah Nabi beserta 19 delegasi, sedangkan pameran Mushaf Masjid Nabawi diikuti 4.276 pengunjung dan 26 delegasi.

Sebelumnya, Ketua Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syeikh Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, menyebutkan dalam 20 hari pertama Ramadhan ada lebih dari 22 juta jemaah yang masuk ke Masjidil Haram.

"Total jamaah pria dan wanita yang mengunjungi Masjidil Haram selama 20 hari pertama Ramadhan berjumlah lebih dari 22 juta orang," kata Al-Sudais dikutip di Saudi Press Agency, Jumat (14/4/2023).

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah rencana dan strategi operasional untuk memudahkan ibadah di Masjidi Haram. Salah satunya dengan memberikan sejumlah fasilitas dan kemudahan layanan, agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan tenang.

Mereka juga berupaya memastikan ketersediaan sarana keselamatan di dalam masjid. Dalam pelaksanaannya, Masjidil Haram berkomunikasi juga dengan otoritas terkait.  

Terpopuler