Kamis 20 Apr 2023 12:31 WIB

Hotel-Hotel Makkah Bersiap untuk Merayakan Idul Fitri

Hotel-Hotel Makkah Bersiap untuk Merayakan Idul Fitri.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Hotel di Makkah bersiap sambut idul fitri.
Foto: arab news
Hotel di Makkah bersiap sambut idul fitri.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Idul Fitri adalah waktu untuk merayakan awal baru yang menggembirakan dan berbagi momen berharga dengan keluarga dan teman, setelah menghabiskan sebulan ibadah dan ritual.

Banyak hotel bersiap untuk menawarkan paket akomodasi di properti di seluruh Makkah untuk memberikan cara sempurna, untuk merangkul tradisi yang diberkati ini dan merayakan Idul Fitri yang tak terlupakan bersama orang-orang terkasih.

Baca Juga

Anggota Komite Nasional Haji dan Umrah, Saad Al-Qurashi, mengatakan hotel tahun ini berjanji akan membuat bulan suci lebih menyenangkan bagi jamaah untuk menambah kenangan mereka. Menurutnya para jamaah umroh di Makkah pada Idul Fitri akan memiliki kesempatan untuk memadukan pengalaman spiritual dengan kegembiraan.

“Peziarah berduyun-duyun ke Makkah mengenakan pakaian tradisional mereka yang unik dengan warna berbeda dan desain yang indah, membentuk jalinan budaya Islam yang terintegrasi seolah-olah miniatur dunia telah berkumpul di Makkah,” kata Al-Qurashi, dilansir dari Arab News, Kamis (20/4/2023).

“Orang-orang memberikan contoh solidaritas dan cinta terbaik, saling mengunjungi satu sama lain di hotel. Ini adalah karunia ilahi setelah sebulan penuh berdoa dan berpuasa,” kata Al-Qurashi.

Beberapa hotel ini telah berupaya mendekorasi lobi mereka untuk menambah nuansa festival dan memungkinkan para peziarah merayakan Idul Fitri yang tak terlupakan bersama orang-orang terkasih.

Hotel-hotel ini terutama terletak di area pusat, sekitar Masjidil Haram, dan sebagian Misfalah, Ajyad, serta terowongan Mahbas Al-Jin dan Aziziyah.

“Aziziyah adalah tujuan pilihan bagi jamaah GCC dan Turki, yang ingin berbelanja di mal-mal Makkah karena di sana terdapat berbagai merek internasional,” ujar Al-Qurashi.

Toko-toko di Makkah menyaksikan kebangkitan minat dan perdagangan setelah penurunan selama pandemi Covid-19. Beberapa toko telah menyaksikan jumlah pengunjung yang luar biasa tahun ini, dengan banyak yang membuka pintunya hingga larut malam untuk memenuhi permintaan para peziarah di Makkah.

Fadel Manqal, yang mengelola sebuah hotel di kawasan pusat, mengatakan bahwa setiap orang bekerja siang dan malam untuk melayani jamaah dan menyediakan semua yang mereka butuhkan untuk masa tinggal yang menyenangkan.

Staf berusaha untuk berbicara dengan pengunjung dalam bahasa asli mereka jika memungkinkan, untuk menjadikan pengalaman itu lebih menyenangkan bagi para tamu.

Manqal berkata, setiap bangsa memiliki visinya sendiri dalam hal pakaian dan beberapa dari mereka berusaha untuk membelinya dari Makkah, sebuah kenangan yang tetap bersama mereka seumur hidup.

“Mereka berusaha mengenakan pakaian itu dan mengunjungi situs budaya kami, membuat kenangan terukir dalam buku kehidupan abadi mereka,” kata Manqal.

Dia menambahkan bahwa Makkah memiliki sekitar 1.400 hotel, yang membantu meningkatkan pengalaman perhotelan bagi pengunjung yang datang dari semua benua dengan budaya, pendidikan, dan gaya hidup yang berbeda.

Karyawan hotel menyadari keragaman tamu mereka dan berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan pengunjung.

Ia mengatakan, kualitas layanan harus mencerminkan kecanggihan dan keterbukaan yang kini dialami Arab Saudi.

Hotel harus berpartisipasi aktif dalam mengatur dan menyiapkan pengalaman yang menginspirasi untuk memastikan para tamu menikmati Idul Fitri yang tak terlupakan, terutama jika mereka menghabiskan waktu jauh dari keluarga dan kerabat. 

“Kita semua bertujuan untuk meninggalkan jejak yang khas dan memperkaya pengalaman budaya untuk memungkinkan jamaah dari semua negara merasakan kegembiraan Idul Fitri,” kata Al-Qurashi.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2289636/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement