Jumat 21 Apr 2023 07:04 WIB

Cegah Uban Bertambah Banyak, Peneliti Temukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Seiring bertambahnya usia, rambut Anda rontok dan beruban.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Rambut beruban (ilustrasi).
Foto: Boldsky
Rambut beruban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru menemukan cara membantu Anda menjaga rambut tetap sehat dan berwarna. Studi tersebut juga mengusulkan solusi bagi mereka yang takut menjadi beruban.

Sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran NYU Grossman mungkin telah menemukan langkah pertama untuk menghentikan rambut kehilangan warna aslinya. Para peneliti menemukan bahwa sel punca tertentu memiliki kemampuan unik untuk bergerak di antara kompartemen pertumbuhan di folikel rambut.

Baca Juga

Namun seiring bertambahnya usia, rambut Anda rontok dan berulang kali tumbuh kembali, lebih banyak sel punca yang tersangkut di kompartemen yang disebut tonjolan folikel rambut. Rambut-rambut ini tidak dapat kembali ke lokasi asalnya, di mana protein dapat membantunya beregenerasi menjadi sel-sel pigmen.

Sayangnya, posisi "macet" ini membuat rambut Anda kehilangan warna biasanya sehingga menghasilkan warna keperakan. Studi baru mengamati rambut tikus yang berumur secara fisik dengan berfokus pada sel-sel di kulit hewan yang juga dapat ditemukan pada manusia yang disebut sel induk melanosit atau MsC.

Warna rambut Anda ditentukan oleh apakah kumpulan MCSC menerima sinyal yang diperlukan untuk membuat pigmen protein yang bertanggung jawab memberi warna pada rambut atau tidak. Kabar baiknya adalah penelitian menemukan bahwa MCSC bersifat plastik atau dapat beradaptasi. Artinya selama pertumbuhan rambut normal, mereka terus bergerak bolak-balik pada sumbu kematangan saat bergerak di antara kompartemen folikel rambut yang sedang berkembang.

Para peneliti menjelaskan kemampuan adaptasi MCSC tidak terdapat pada sel punca lain yang beregenerasi sendiri. "Studi kami menambah pemahaman dasar tentang bagaimana sel punca melanosit bekerja untuk mewarnai rambut," ujar peneliti utama studi tersebut, dr Qi Sun, di NYU Langone Health, seperti dilansir laman Express, Kamis (20/4/2023).

Mekanisme yang baru ditemukan ini meningkatkan kemungkinan bahwa sel induk melanosit dengan posisi tetap yang sama mungkin ada pada manusia. "Ini menghadirkan jalur potensial untuk membalikkan atau mencegah rambut beruban dengan membantu sel yang 'macet' untuk bergerak lagi di antara kompartemen folikel rambut yang sedang berkembang," ujarnya.

Peneliti lain, dr Mayumi Ito, membandingkan kemampuan rambut mempertahankan warnanya dengan fungsi seperti bunglon. Pakar menjelaskan mempertahankan mekanisme ini bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan warna biasa Anda.

Temuan ini menunjukkan motilitas sel induk melanosit dan diferensiasi reversibel adalah kunci untuk menjaga rambut tetap sehat dan berwarna. Tim peneliti berencana untuk fokus pada bagaimana mengembalikan motilitas McSCs atau cara memindahkannya secara fisik kembali ke kompartemen kumannya, di mana mereka dapat menghasilkan pigmen, dengan harapan untuk menghentikan rambut menjadi beruban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement