Kamis 27 Apr 2023 16:00 WIB

Lokalisasi Semburan Api di Rest Area Cipali, Dipasang Perisai Spandex

Semburan api disebut berasal dari sumur bor yang sudah ada di rest area.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Rest Area di ruas jalan Tol Cipali, Jawa Barat.
Foto: Prayogi/Republika.
(ILUSTRASI) Rest Area di ruas jalan Tol Cipali, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Upaya penanganan semburan api di rest area Km 86 B Tol Cipali, Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih berjalan, Kamis (27/4/2023). Mengantisipasi dampak semburan api, Astra Tol Cipali memasang pagar perisai spandex.

Direktur Operasional Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, mengatakan, pagar perisai spandex yang dipasang untuk melokalisasi semburan api itu sepanjang 156 meter. “Sejak semalam kami lakukan pemasangan pagar perisai spandex di lokasi semburan api, dengan jarak empat sampai lima meter dari lokasi terdekat sumber api,” kata Agung, Kamis.

Baca Juga

Hingga Kamis, Astra Tol Cipali bersama sejumlah instansi terkait masih mengupayakan pemadaman semburan api di rest area Km 86 B. Ihwal asal semburan api itu, Agung mengatakan, dari sumur bor yang sudah ada di rest area.

“Kami tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area Km 86 B Tol Cipali. Semburan api ini berasal dari sumur bor existing yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di rest area 86 B,” ujar Agung.

Menurut Agung, di lokasi tersebut sebelumnya dilakukan pemasangan pipa penyambung dalam rangka meningkatkan kapasitas pompa submersible untuk pelayanan di rest area. “Dalam kejadian ini juga tidak ada ledakan yang muncul,” kata dia.

Upaya penanganan semburan api dilakukan bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang, Polres Subang, Polda Jabar, dan dibantu oleh tim Pertamina.

“Jika diperlukan, kami juga akan mencari tenaga ahli terkait dengan proses pemadaman ini, yang tentunya sesuai dengan hasil koordinasi dan rekomendasi pihak-pihak terkait,” kata Agung.

Imbas munculnya semburan api, rest area Km 86 B Tol Cipali ditutup sementara. Astra Tol Cipali mengimbau pengguna jalan tol yang hendak beristirahat selama arus balik Lebaran 2023 untuk menuju rest area Cipali Km 102 atau di rest area selanjutnya di Km 62 ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) milik Jasa Marga. Selain itu, pengguna jalan tol bisa keluar terlebih dulu di gerbang tol terdekat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement