Jumat 28 Apr 2023 13:53 WIB

Arus Balik, Kemenhub Berangkatkan 126 Bus Mudik Gratis ke Jabodetabek

Dari lokasi Terminal Tirtonadi Solo ada 33 bus yang diberangkatkan.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
 Pemberangkatan mudik gratis dari Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (28/4/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Pemberangkatan mudik gratis dari Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (28/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sebanyak 126 unit bus program mudik gratis Kementerian Perhubungan diberangkatkan ke Jabodetabek pada arus balik Lebaran. Bus-bus itu tercatat berangkat dari delapan titik di sejumlah daerah.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suharto menyatakan, delapan titik lokasi keberangkatkan yakni Surabaya, Madiun, Solo, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, dan Cirebon.

Meski demikian, pemberangkatan bus pemudik tersebut tidak dilangsungkan serentak. Sebab tidak semua masyarakat ingin kembali di tanggal yang sama.

"Yang arus balik kita hanya menyiapkan delapan bus. Kenapa tidak sama, karena masyarakat itu semuanya ingin kembali yang sama. Ada yang memperpanjang ada yang mempercepat," katanya, Jumat (28/4/2023).

Dari data yang diterima, dari Terminal Tirtonadi Solo ada 33 bus yang diberangkatkan. Adapun jumlah penumpangnya sebanyak 792 orang diberangkatkan pada Jumat (28/4/2023) pagi.

Suharto menambahkan, dari sekitaran 30 juta penduduk, sekitar 54 persen atau sekitar 18,8 juta yang melakukan mudik. Para pemudik ini menjadi sasaran dari Kemenhub memberikan fasilitas mudik gratis sebagai upaya menekan angka kecelakaan saat masa Lebaran.

 

"Ini yang kemarin kami fasilitasi untuk menggerakkan arus mudik. Karena banyak dari mereka ingin menggunakan kendaraan pribadi. Kalau mereka bergerak secara bersamaan otomatis risiko kecelakaan sangat tinggi," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement