Senin 22 May 2023 13:17 WIB

Otoritas Saudi Keluarkan Peringatan Cuaca, Makkah akan Dilanda Hujan

Otoritas menyerukan kehati-hatian terhadap badai petir di sebagian besar wilayah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Cuaca mendung di Arab Saudi. Otoritas Saudi Keluarkan Peringatan Cuaca, Makkah akan Dilanda Hujan
Foto: SPA
Cuaca mendung di Arab Saudi. Otoritas Saudi Keluarkan Peringatan Cuaca, Makkah akan Dilanda Hujan

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pihak berwenang di Arab Saudi menyerukan kehati-hatian terhadap badai petir di sebagian besar wilayah Kerajaan, mulai dari Ahad hingga Kamis, kantor berita SPA yang dikelola negara melaporkan pada Sabtu.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil mengatakan bahwa wilayah Makkah akan terkena dampak hujan sedang hingga berat yang dapat menyebabkan hujan lebat, hujan es, dan angin kencang yang akan mengaduk debu, termasuk Taif, Maysan, Adham, Al-Khurmah, Al-Ardiyat, Turbah, Rani, dan Al-Muwiyah. Wilayah Asir, Al-Baha, Jazan, dan Najran juga akan terpengaruh.

Baca Juga

Hujan sedang dan angin turun dengan kecepatan aktif yang akan meningkatkan debu diharapkan di wilayah Riyadh, termasuk ibu kota, Diriyah, Al-Majma'ah, Al-Zulfi, Al-Ghat, Rimah, Thadiq, Shaqra, Afif, Al-Dawadmi, Al-Quwaiyah, Al-Muzahimiyah, Dhurma, Huraymila, Al-Aflaj, Wadi Al-Dawasir, Al-Sulail, Al-Kharj, Hotat Bani Tamim, Al-Hariq, Al-Bajadia dan Al-Dalam.

“Provinsi Timur dan wilayah Qassim juga akan terpengaruh dengan kondisi cuaca yang sama,” kata pihak berwenang memperingatkan, dilansir dari Arab News, Senin (22/3/2023).

“Badai petir ringan hingga sedang dan angin turun aktif menyebabkan debu diperkirakan terjadi di wilayah Tabuk, Al-Jawf, Perbatasan Utara, Madinah, dan Salam,” ujarnya.

Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil menekankan perlunya tinggal di tempat yang aman selama hujan dan menjauh dari rawa-rawa air, lembah, dan daerah di mana deras berkumpul.

Itu juga memperingatkan agar tidak berenang di dalamnya, karena mereka tidak cocok dan berbahaya, dan untuk mematuhi instruksi yang diumumkan melalui berbagai media dan situs jejaring sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement