Senin 29 May 2023 08:18 WIB

Doa Bagi Jamaah Haji Saat Memasuki Kota Makkah

Dianjurkan ketika memasuki kota Makkah Al Mukarramah membaca doa terlebih dulu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berebut menyentuh Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Ahad (30/4/2023). Ekspansi Masjidil Haram Resmi Diberi Nama The Saudi Riwaq. Doa Bagi Jamaah Haji Saat Memasuki Kota Makkah
Foto: REPUBLIKA
Umat Islam berebut menyentuh Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Ahad (30/4/2023). Ekspansi Masjidil Haram Resmi Diberi Nama The Saudi Riwaq. Doa Bagi Jamaah Haji Saat Memasuki Kota Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang pertama jamaah haji Indonesia yang diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah dijadwalkan pada 1 Juni mendatang. Keberangkatan dibagi dua waktu keberangkatan yakni pada pukul 14.00 waktu Arab Saudi (WAS) ada tiga kloter dan pukul 16.00 WAS ada dua kloter.

Ada Lima kloter yang diberangkatkan dengan jumlah 1.899 jamaah dari Jakarta-Pondok Gede (JKG-1), Aceh (BTJ-1) Makassar (UPG-1), Solo (SOC-1), dan BTA (Batam-1).

Baca Juga

Dianjurkan ketika memasuki kota Makkah Al Mukarramah membaca doa terlebih dulu. Memohon kepada Allah agar mendapat keberkahan dari kota Makkah di dunia dan di akhirat.

Agar Allah SWT menjauhkan diri kita dari neraka dan membangkitkan diri kita saat hari kiamat sebagai golongan orang yang ta'at. Berikut doanya.

Doa Masuk Makkah

 

اللَّهُمَّ هَذَا حَرَّمَكَ وَأَمَّنَكَ فَحَرِّمْ لَحْمِي وَدَمِي وَشِعْرِي وَبَشِّرِي عَلَى النَّارِ وَأَمْنَى مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِي مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلَ طَاعَتِكَ

Allahumma hadza harromaka wa amanaka faharoma lahmiy wa dammy wa sya'riy wa basyari ala nariy wa Amna min adzabika yauma tabatsu inadaka wajalniy min auliyaika wa ahla tho'atika.

Artinya: Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.

Dan boleh juga ditambah dengan doa memohon agar diselamatkan selama berada di kota suci Makkah. Berikut doanya.

Doa Mohon Selamat Selama di Makkah

اللَّهُمَّ لَا تَجْعَلْ مَنَايَانَا بِهَا حَتَّى تُخْرِجَنَا مِنْهَا

Allahumma laa taj'al manayana biha Hatta tukhrijna minha

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau jadikan kematian kami padanya sampai Engkau mengeluarkan kami daripadanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement