Selasa 30 May 2023 13:35 WIB

10 Cara Halal agar Lebih Rajin Menabung

Uang yang ditabung bisa untuk membiayai hal-hal tak terduga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Menyisihkan persentase tertentu dari penghasilan untuk ditabung setiap bulan dapat membantu seseorang mewujudkan stabilitas keuangan. Uang yang ditabung bisa untuk membiayai hal-hal tak terduga atau merencanakan pembelian besar.(ilustrasi).
Foto: Freepik.com
Menyisihkan persentase tertentu dari penghasilan untuk ditabung setiap bulan dapat membantu seseorang mewujudkan stabilitas keuangan. Uang yang ditabung bisa untuk membiayai hal-hal tak terduga atau merencanakan pembelian besar.(ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyisihkan persentase tertentu dari penghasilan untuk ditabung setiap bulan dapat membantu seseorang mewujudkan stabilitas keuangan. Uang yang ditabung bisa untuk membiayai hal-hal tak terduga atau merencanakan pembelian besar.

Kuncinya adalah menjadikan menabung sebagai bagian dari rutinitas keuangan sepanjang tahun. Berikut 10 cara halal yang dapat membantu seseorang meningkatkan kebiasaan menabung, seperti dikutip dari laman Halal Times, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga

1. Tetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan kebiasaan menabung yang realistis adalah langkah pertama untuk meningkatkan stabilitas keuangan. Tentukan tujuan menabung, berapa banyak yang perlu disisihkan, dan berapa persen dari pendapatan yang memungkinkan untuk ditabung.

2. Lunasi utang

Sebelum menabung, lunasi dahulu utang yang mungkin ada. Utang tidak hanya mahal dan memiliki konsekuensi emosional yang menegangkan, tetapi juga merupakan salah satu kewajiban Islam mendasar yang harus dipenuhi setiap Muslim sebelum meninggal dunia.

Meskipun memiliki utang mungkin tampak memberatkan, rencana pembayaran utang yang baik dapat membantu membebaskan diri dari utang finansial. Setelah lunas dan lepas dari kekhawatiran itu, seseorang bisa meningkatkan kondisi finansialnya dengan menabung.

 

3. Buat anggaran

Penganggaran sangat penting untuk membantu seseorang mengelola uang dan tetap pada jalur dengan tujuan tabungan. Dengan merancang anggaran, setiap orang dapat mengidentifikasi sumber pendapatan utama, mengatur pengeluaran, dan mengklasifikasikan biaya.

 

4.Memilih teman

Faktor penting lainnya yang bisa memengaruhi kebiasaan menabung adalah orang-orang di sekitar, termasuk teman. Jika berencana untuk meningkatkan kebiasaan menabung, kelilingi diri dengan orang-orang yang memiliki minat, nilai, dan tujuan yang sama. Dengan begitu, kemampuan untuk menghemat uang dapat meningkat.

 

5. Lacak pengeluaran

Mengawasi pengeluaran adalah aspek penting dari pengelolaan uang yang baik, guna membantu meningkatkan kemampuan menabung. Ada banyak aplikasi pelacak pengeluaran yang bisa digunakan untuk memastikan target tabungan terpenuhi.

 

6. Tabungan otomatis

Tabungan otomatis adalah strategi lain yang terbukti untuk meningkatkan kebiasaan menabung secara halal. Misalnya, mengatur transfer bulanan otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan, dana pensiun, atau rekening investasi lainnya.

 

7. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Hindari pengeluaran yang tidak perlu, dengan mengidentifikasi area pengeluaran yang bisa dipangkas, seperti makan di luar atau langganan yang tidak terlalu diperlukan. Cari alternatif penghematan seperti diskon atau cash back, dan segera alihkan uang ke rekening tabungan.

 

8. Buat dana darurat

Pos dana darurat dapat menutupi kebutuhan tak terduga seperti kehilangan pekerjaan, tagihan medis, atau perbaikan mobil. Sisihkan sebagian dari tabungan untuk dijadikan jaring pengaman ini, supaya tetap aman saat ada biaya tak terduga.

 

9. Berinvestasi

Pertimbangkan untuk membuat rekening pensiun atau berinvestasi di saham halal dan reksa dana untuk tabungan jangka panjang. Untuk menentukan opsi terbaik, bicarakan dengan penasihat keuangan halal yang akan menawarkan nasihat profesional tentang investasi halal terbaik sesuai tujuan.

Saran dan rekomendasi ahli bisa didapat dari organisasi dan agensi yang fokus di bidang gaya hidup halal. Membaca blog mingguan dari organisasi atau komunitas halal juga bisa memberi ide dan akses informasi halal, atau menjawab pertanyaan seputar topik itu.

 

10. Tinjau dan sesuaikan

Setiap orang mungkin perlu menyesuaikan rencana tabungan yang sudah dirancang saat situasi keuangan berubah. Tinjau rencana tabungan itu secara berkala dan buat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan, namun tetaplah berada di jalur tujuan awal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement