Rabu 14 Jun 2023 12:35 WIB

Apakah Jamaah Haji Disunnahkan Berpuasa 9 Dzulhijjah?

Justru sunnah bagi jamaah haji adalah tidak berpuasa meski dia kuat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Suasana Jabal Uhud, Ahad (10/6/2023) sore. Jabal Uhud merupakan salah satu tujuan favorit dari jamaah selama musim haji di Madinah.
Foto: Agung Sasongko/Republika
Suasana Jabal Uhud, Ahad (10/6/2023) sore. Jabal Uhud merupakan salah satu tujuan favorit dari jamaah selama musim haji di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam disunnahkan berpuasa pada 9 Dzulhijjah. Namun, bagaimana untuk muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji?

Mengutip buku Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah karya Hanif Luthfi menurut pendapat mayoritas ulama, puasa arafah tanggal 9 Dzulhijjah itu tidak disunnahkan bagi orang yang berhaji.

Baca Juga

Imam an-Nawawi (w. 676 H) menyebutkan:

ذكرنا أن مذهبنا استحباب قطره ورواه ابن عمر عن النبي صلى الله عليه وسلم وأبي بكر وعمر وعثمان رضي الله عنهم ونقله الترمذي والماوردي وغيرهما عن أكثر العلماء ونقله العبدري عن عامة الفقهاء غير ابن الزبير وعائشة ونقله ابن المنذر عن مالك والثوري

 

Telah kita sebutkan bahwa dalam mahzhab kami (Syafi iyyah), sunnah tidak berpuasa bagi orang yang berhail (di hari Arafah). Inilah yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari Nabi. Abu Bakar, Umar dan Utsman. At-Tirmizi dan al-Mawardi meriwayatkan dari kebanyakan ulama selain Ibnu az-Zubair dan Aisyah. Thnu al-Munzir juga menyebutkan bahwa ini adalah pendapat dari Imam Malik dan at-Tsauri.

Imam ar-Ramli mengatakan,

أَمَّا الحاج فلا يُسَنُ لَهُ صَوْم يَوْم عَرَفَة بَل يُسْتَحَبُّ له فطرة ولو كان قويا للاتباع

"Adapun haji, maka tidaklah disunnahkan baginya untuk berpuasa pada hari Arafah."

Justru sunnah baginya adalah tidak berpuasa meski dia kuat, karena mengikuti praktik Nabi.

Pendapat ini hari ini bisa jadi sangat relevan dan pas, mengingat orang yang berhaji sudah cukup kesusahan dalam menjalankan ibadahnya. Apalagi jika dilakukan dengan berpuasa.

Meski ada beberapa ulama yang menyebutkan puasa arafah tetap sunnah bagi jamaah haji. Seperti misalnya Ibnu al-Munzir yang menyandarkan pendapat ini kepada Ibnu az-Zubair, Utsman bin Abu al-Ash, Aisyah, Ishaq bin Rahawaih:

وحكى ابن المنذر عن ابن الزبير وعثمان بن أبي

العاص الصحابي وعائشة واسحق بن راهويه استحباب الصوم واستحبه

Ibnu al-Munzir menceritakan dari Ibnu az-Zubair, Utsman bin Abu al-Ash, Aisyah, Ishaq bin Rahawaih bahwa mereka menanggap sunnah puasa Arafah bagi jamaah haji.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement