Kamis 15 Jun 2023 17:40 WIB

Tiga Balasan untuk Orang Malas Sholat

Sholat merupakan perintah yang langsung Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah beraktivitas usai melaksanakan sholat di dalam masjid (ilustrasi). Tiga Balasan untuk Orang Malas Sholat
Foto: Prayogi/Republika
Jamaah beraktivitas usai melaksanakan sholat di dalam masjid (ilustrasi). Tiga Balasan untuk Orang Malas Sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat merupakan perintah yang langsung Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui peristiwa Isra Mi'raj. Karenanya sholat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam.

Barangsiapa yang meninggalkannya akan mendapat balasan langsung dari Allah, baik saat masih di dunia maupun ketika di akhirat. Dikutip dari buku Para Musuh Allah karya Rizem Aizid menyebutkan Allah SWT menjanjikan balasan berupa sesuatu yang sangat buruk serta mengerikan bagi orang yang malas, apalagi sampai meninggalkan sholat.

Baca Juga

Berikut ini tiga balasan yang Allah janjikan kepada manusia yang malas menunaikan sholat.

Tiga Balasan untuk Orang Malas Sholat

1. Mati dalam keadaan suul khatimah, yakni kematian yang paling buruk

Seseorang disebut suul khatimah apabila mati dalam keadaan murtad kepada Allah SWT, kafir, berdosa besar, durhaka, berada dalam kemurkaan-Nya, dan menyepelekan perkara yang telah Allah perintahkan (seperti perintah sholat), dan lain-lain. Sungguh, tidak ada kematian yang lebih buruk daripada mati dalam keadaan su'ul khatimah.

2. Mendapatkan azab kubur

Allah SWT menjanjikan azab kubur bagi orang yang lalai menunaikan kewajiban sholatnya. Menurut Syekh M. Ahmad Ismail, orang yang meninggalkan sholat berarti melakukan perbuatan orang-orang fujar (dosa) dan tempatnya adalah neraka.

Jika ia tidak melakukan taubat nasuha atas perbuatan dosanya, ia akan mati dalam keadaan su'ul khatimah, kemudian amal buruknya itu akan menemaninya sampai ke liang kubur.

Rasulullah bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement