Rabu 05 Jul 2023 23:50 WIB

Doa Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Menjenguk bayi baru lahir merupakan salah satu amal saleh.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Bayi yang sedang digantikan popok (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Bayi yang sedang digantikan popok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Menjenguk bayi baru lahir merupakan salah satu amal saleh. Perbuatan itu akan mendatangkan kebahagiaan bagi pasangan suami istri yang baru memiliki anak. Apalagi bila seseorang datang menjenguk bayi yang baru lahir dengan membawa hadiah, maka hal tersebut tentu akan menambah kebahagiaan dan kegembiraan terutama bagi keluarga bayi tersebut. 

Namun yang terpenting ketika menjenguk bayi adalah mendoakan bayi tersebut agar menjadi anak yang bertakwa, taat, shaleh, mendapatkan keberkahan dan selamat dunia dan akhirat. Berikut doa yang dapat dibaca ketika menjenguk bayi yang baru lahir sebagaimana dapat ditemukan dalam Al Adzkar Al Muntakhabah min Kalaami Sayyid al Abrar karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al Nawawi al Dimasyqi.

Baca Juga

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakarta al-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu

Artinya: "Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya."

Sementara itu bagi orang tua bayi yang baru lahir ketika ada orang yang datang menjenguk dan mendoakan bayinya maka dianjurkan untuk membalas doa tersebut. 

 بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jazakallahu khairan wa razaqakallahu mitslahu au ajzalallahu tsawabaka

Artinya: “Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rezeki yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement