Sabtu 29 Jul 2023 13:35 WIB

Moskow dan Kiev Saling Balas Serangan, Hantam Kota Penting di Wilayah Lawan

Rusia sering menyerang gedung-gedung apartemen di Ukraina selama konflik.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Prajurit Ukraina menembak ke arah posisi Rusia di garis depan dekat Kherson, Ukraina selatan, Rabu, 23 November 2022.
Foto: AP Photo/Bernat Armangue
Prajurit Ukraina menembak ke arah posisi Rusia di garis depan dekat Kherson, Ukraina selatan, Rabu, 23 November 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Pasukan Rusia pada hari Jumat (28/7/2023), menggempur kota Dnipro, di Ukraina tengah, dan menggempur sebuah desa penting di tenggara yang diklaim telah direbut kembali oleh Ukraina dalam serangan balasannya, sementara Moskow menuduh Kyiv menembakkan dua rudal ke arah Rusia selatan dan melukai 20 orang.

Sementara itu, Presiden Volodymyr Zelenskyy menandai Hari Kenegaraan Ukraina dengan menegaskan kembali kedaulatan negara tersebut - sebuah teguran bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menggunakan klaimnya bahwa Ukraina tidak ada sebagai sebuah negara untuk membenarkan invasinya.

Baca Juga

"Sekarang, seperti lebih dari seribu tahun yang lalu, pilihan peradaban kita adalah persatuan dengan dunia," kata Zelenskyy dalam sebuah pidato di sebuah lapangan di luar Biara Santo Mikhael di Kyiv.

"Untuk menjadi kekuatan dalam sejarah dunia. Untuk memiliki hak atas sejarah nasionalnya - rakyatnya, tanahnya, negaranya. Dan untuk anak-anak kita - semua generasi masa depan rakyat Ukraina. Kita pasti akan menang!" 

Ia juga memberikan penghargaan kepada para prajurit dan membagikan paspor pertama kepada warga negara muda sebagai bagian dari upacara. Hari raya ini bertepatan dengan peringatan pengadopsian agama Kristen di wilayah yang kemudian menjadi Ukraina, Rusia, dan Belarusia. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pihaknya menembak jatuh sebuah rudal Ukraina di kota Taganrog, sekitar 40 kilometer (sekitar 24 mil) di sebelah timur perbatasan dengan Ukraina, dan para pejabat setempat melaporkan bahwa 20 orang terluka. Pusat ledakan diidentifikasi di sekitar museum seni. 

Puing-puing jatuh di kota, kementerian menambahkan, menuduh rudal tersebut adalah bagian dari "serangan teror" oleh Ukraina. Oleksiy Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, menyalahkan sistem pertahanan udara Rusia atas ledakan tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pihaknya telah menjatuhkan rudal kedua Ukraina di dekat kota Azov, yang seperti Taganrog berada di wilayah Rostov, dan puing-puingnya jatuh di lokasi yang tidak berpenghuni. 

Sebelumnya pada hari yang sama, sebuah pesawat tak berawak Ukraina ditembak jatuh di luar Moskow, kata Kementerian Pertahanan, dalam serangan pesawat tak berawak ketiga di wilayah ibu kota bulan ini. Kementerian melaporkan tidak ada korban luka atau kerusakan dalam insiden terbaru ini, dan tidak memberikan lokasi pasti di mana drone tersebut jatuh.

Sejak perang dimulai, Rusia telah menyalahkan Ukraina atas serangan pesawat tak berawak, bom, dan rudal di wilayahnya yang jauh dari garis depan medan perang. Para pejabat Ukraina jarang mengonfirmasi bahwa mereka berada di balik serangan-serangan tersebut, termasuk serangan pesawat tak berawak terhadap Kremlin yang meresahkan warga Rusia.

Serangan-serangan itu telah menghantam depot amunisi dan bahan bakar Rusia, serta jembatan yang digunakan militer Rusia untuk memasok pasukannya, dan tempat perekrutan militer. Serangan-serangan itu juga mencakup pembunuhan terhadap para pejabat yang ditunjuk Rusia di wilayah Ukraina yang diduduki.

Tiga bulan lalu, sebuah pesawat tempur Rusia secara tidak sengaja menjatuhkan bom di Belgorod, melukai dua orang, dalam sebuah insiden yang awalnya diduga dilakukan oleh Ukraina. 

Di Dnipro, serangan rudal Rusia melukai sembilan orang di area gedung apartemen 12 lantai yang baru dibangun dan belum dihuni, serta gedung Dinas Keamanan Ukraina yang belum dihuni. "Teror rudal Rusia lagi," tulis Zelenskyy di media sosial.

Video menunjukkan lantai atas gedung apartemen yang hancur, dengan asap abu-abu mengepul, dan api berkobar di malam hari di permukaan tanah, di mana pecahan beton dan kaca berserakan di halaman.

Rusia telah sering menyerang gedung-gedung apartemen selama konflik, meski menyangkal bahwa mereka sengaja menargetkan warga sipil. 

Sementara itu, komandan angkatan bersenjata Ukraina, Kolonel Oleksandr Syrskyi, mengatakan bahwa pasukannya terus maju ke beberapa bagian Ukraina timur yang diduduki Rusia dan menghadapi perlawanan sengit saat perang memasuki bulan ke-18. 

"Musuh dengan gigih bertahan di setiap sentimeter, melakukan tembakan artileri dan mortir yang intens," katanya dalam sebuah pernyataan.

Pertempuran baru-baru ini telah terjadi di beberapa tempat di sepanjang garis depan sepanjang lebih dari 1.000 kilometer (lebih dari 600 mil), di mana Ukraina mengerahkan persenjataan Barat yang baru saja diperolehnya untuk mendorong pasukan Kremlin. Namun, mereka menyerang tanpa dukungan udara yang vital dan menghadapi musuh yang sudah mengakar kuat.

Seorang pejabat Barat mengatakan pada hari Kamis bahwa Ukraina telah meluncurkan serangan besar di bagian tenggara. Putin mengakui bahwa pertempuran telah meningkat di sana, tetapi bersikeras bahwa dorongan Kyiv telah gagal.

Zelenskyy mengunggah sebuah video pada Kamis malam di mana tentara Ukraina mengatakan bahwa mereka telah merebut Staromaiorske di wilayah Donetsk. Blogger militer Rusia mengatakan tembakan artileri ke arah pasukan Ukraina telah secara efektif meratakan desa tersebut dan melaporkan lebih banyak serangan pada hari Jumat.

Merebut desa tersebut, yang pada tahun 2014 memiliki populasi 682 orang, akan memberikan Ukraina sebuah platform untuk mendorong lebih dalam ke wilayah yang dikuasai Rusia, kata para blogger.

Daerah itu telah menjadi fokus serangan balasan Ukraina sejak Juni, dan pasukannya sebelumnya telah merebut beberapa desa lain di sana ketika mereka perlahan-lahan bergerak melintasi ladang ranjau Rusia yang luas. Tidak mungkin untuk memverifikasi klaim dari kedua belah pihak tentang apa yang terjadi di zona perang. 

Syrskyi mengatakan bahwa pertempuran yang menargetkan artileri musuh serta struktur komando dan kontrolnya adalah prioritas karena pasukannya menyelidiki garis pertahanan Rusia untuk mencari kelemahan.

"Dalam kondisi seperti ini, sangat penting untuk membuat keputusan manajemen yang tepat waktu dalam menanggapi situasi yang ada dan mengambil langkah-langkah untuk menggerakkan pasukan dan sumber daya, menggeser unit dan pasukan ke daerah-daerah di mana keberhasilan terlihat jelas, atau menarik mereka dari tembakan musuh," katanya.

Rusia berusaha mempertahankan wilayah yang dikuasainya di empat provinsi yang dicaploknya secara ilegal pada bulan September - Zaporizhzhia, Donetsk, kherson, dan Luhansk. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement