Sabtu 26 Aug 2023 05:11 WIB

Liverpool akan Punya Sekolah Islam Pertama

Penduduk Liverpool sudah cukup banyak yang memeluk Islam.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Abdullah Quilliam, LIverpool
Foto: .rateyourmosque.com
Masjid Abdullah Quilliam, LIverpool

REPUBLIKA.CO.ID,LIVERPOOL -- Penduduk Liverpool sudah cukup banyak yang memeluk Islam. Kini, kota Liverpool juga akan segera memiliki sekolah Islam pertama, yaitu Akademi Kepemimpinan Eden Girls. Sekolah menengah khusus agama Islam pertama ini akan dibuka di Liverpool pada 2023 ini.

Salah satu surat kabar kota itu, Liverpool Echo melaporkan, rencana untuk mendirikan Akademi Kepemimpinan Eden Girls yang baru telah disetujui oleh Departemen Pendidikan di antara 15 sekolah baru lainnya di seluruh negeri.

Baca Juga

Sekolah ini akan didirikan di kota tersebut oleh Star Academies, sebuah lembaga multi-akademi nirlaba yang mengelola sekolah-sekolah di seluruh negeri. Sekolah ini akan menawarkan kurikulum akademik yang luas dan moderat, serta menyambut siswa dari semua agama.

“Di mana pun mereka tinggal dan apa pun latar belakang mereka, anak-anak berhak mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi,” ujar kepala eksekutif Star Academies, Sir Hamid Patel dikutip dari aboutislam, Jumat (25/8/2023).

Dia pun emngaku senang permohonan yang diajukan untuk membuka sekolah menengah baru telah disetujui. Akademi Kepemimpinan Eden Girls Liverpool, menurut dia, akan membantu membuka potensi ribuan anak muda di Merseyside.

“Program sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah terus memberikan inovasi dan kreativitas ke dalam sistem sekolah. Kami senang sekolah baru kami akan menjadi bagian dari program terbaru ini, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra dan komunitas lokal kami untuk memungkinkan lebih banyak generasi muda di Liverpool menerima kualitas pendidikan dan peluang aspirasional yang layak mereka dapatkan,” jelas dia.

Sebagai sekolah Islam pertama di kota tersebut, Eden Girls akan membangun 800 ruang untuk anak perempuan berusia antara 11 dan 18 tahun.

Ada sejumlah sekolah Islam lain yang sudah didirikan Star Academies dan memiliki kesuksean yang luar biasa. Di antaranya, Tauheedul Islam Girls School di Blackburn, Eden Boys School di Birmingham, dan Eden Girls School di Coventry. Sekolah-sekolah itu memiliki jumlah murid tertinggi.

Pada April 2019, Sekolah Menengah Islam Manchester untuk perempuan juga mendapat nilai luar biasa selama tiga tahun berturut-turut dalam laporan Ofsted terbarunya. Juga pada  November 2019, delapan sekolah agama Islam diakui di antara 20 sekolah terbaik di Inggris untuk kemajuan akademik  dalam tabel liga GCSE yang diterbitkan pada 2019.

Sumber

https://aboutislam.net/muslim-issues/europe/liverpool-first-islamic-school-approved/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement